Penutupan akses menuju Pantai Blebak Desa Sekuro Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat, 29 Mei 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani
Penutupan akses menuju Pantai Blebak Desa Sekuro Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat, 29 Mei 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani

Desa Wisata di Jepara Masih Ditutup

Nasional Virus Korona PSBB
Rhobi Shani • 29 Mei 2020 15:59
Jepara: Destinasi objek wisata di sejumlah desa wisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, masih ditutup. Penutupan dilakukan seiring meningkatnya kasus positif covid-19 serta mengantisipasi lonjakan kunjungan pada perayaan Pesta Lomban.
 
Salah satu objek wisata yang dikelola pemerintah desa adalah Pantai Blebak di Desa Sekuro Kecamata Mlonggo. Kepala Desa Sekuro, Shokhib, mengatakan penutupan dilakukan pada Rabu, 27 Mei 2020.
 
"Ya, kemarin-kemarin memang jalan masuk tidak diportal. Tapi ini karena mau Lomban dan angka kasus di Jepara terus naik, kemudian diputuskan untuk diportal," kata Shikhib saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 29 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kegiatan Masjid di DIY Diserahkan ke Takmir
 
Shikhib menjelaskan penutupan menuju lokasi wisata pantai juga dilakukan pemerintah Desa Karanggondang. Sejak dua hari lalu akses menuju Pantai Pailus, Desa Karanggondang ditutup portal.
 
"Karena sudah menjadi tradisi kalau Lomban Pantai Pailus banyak pengunjung dari luar daerah. Karena saat ini kondisinya seperti ini, kemudian kami tutup," ujar Kepala Desa Karanggondang, Ali Ronzi.
 
Penutupan juga dilakukan pemerintah Desa Tempur Kecamatan Keling. Desa wisata di lereng gunung Muria ini sejak dua hari terakhir membatasi kunjungan wisatawan. Hanya warga setempat yang boleh masuk ke wilayah Desa Tempur.
 
"Iya, jalan masuk ke Tempur ditutup. Tapi kalau warga masih bisa,” kata Sella, anggota karangtaruna Desa Tempur.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, mengatakan belum tahu kapan objek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten (pemkab) akan kembali dibuka untuk pengunjung. Sejak pemerintah pusat menetapkan masa pandemic, objek wisata yang dikelola pemkab ditutup.
 
"Belum tahu kapan. Jawa Tengah baru Candi Borobudur akan diuji coba tanggal 8 Juni 2020. Sedangkan untuk Jepara, kami masih menunggu dari provinsi," ungkap Zamroni.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif