Seorang bayi yang menderita ISPA diberi bantuan pernafasan di pos kesehatan di Pos Induk Banjir Bandang Sentani di Gunung Tanah Merah, Jayapura, Papua, Kamis (21/3/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru.
Seorang bayi yang menderita ISPA diberi bantuan pernafasan di pos kesehatan di Pos Induk Banjir Bandang Sentani di Gunung Tanah Merah, Jayapura, Papua, Kamis (21/3/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru.

Dinkes Papua Berikan Layanan Keliling Korban Banjir

Nasional bencana alam bencana banjir
Antara • 21 Maret 2019 15:05
Jayapura: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kesehatan setempat memberikan layanan secara keliling bagi para korban banjir bandang di kabupaten Jayapura yang masih berada di tempat tinggalnya masing-masing atau tidak mengungsi di posko-posko.
 
Kepala Dinas Kesehatan provinsi Papua, Aloysius Giyai mengatakan, timnya membuat beberapa klaster agar penanganan korban banjir bandang bisa dilakukan secara cepat dan
tepat sasaran.
 
"Hingga kini korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura rata-rata terkena ISPA, diare dan beberapa penyakit lainnya, sedangkan untuk penyakit parah kami belum mendapatkan laporan," kata Aloysius di Jayapura, Kamis, 21 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aloysius menjelaskan, klaster yang dibangun di antaranya untuk keperluan penyediaan farmasi dan logistik tangkap darurat, sehingga ketersediaan obat-obatan aman.
 
Menurut Aloysius, pihaknya akan melakukan evaluasi dengan instansinya baik di provinsi maupun kabupaten, Kesdam, dan juga pemangku kepentingan lainnya yang bergerak di bidang
kesehatan untuk mengetahui, jika ada hal-hal yang terjadi di luar posko-posko utama ini.
 
"Tim medis juga tetap melakukan pemeriksaan rutinitas kepada para korban banjir bandang ini, dan kami mengerahkan seluruh tenaga medis serta bersama beberapa rumah sakit untuk siaga," jelas Aloysius.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif