ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Investasi Jatim Naik Jadi Rp66,5 Triliun

Nasional investasi pariwisata daerah
Amaluddin • 27 November 2020 17:46
Surabaya: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Jawa Timur, Aris Mukiyono, mengklaim investasi Jatim pada Januari-November 2020 bergerak positif. Nilainya mencapai Rp66,5 triliun atau naik 42,1 persen dari periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp46,7 triliun.
 
"Kami berharap dengan acara East Java Investival (EJI) 2020, investasi Jatim tahun depan bisa makin terdongkrak," kata Aris, di Surabaya, Jumat, 27 November 2020.
 
Baca: Angka Kasus COvid-19 di Malang Diklaim Menurun

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aris menjelaskan bila dibandingkan dengan provinsi lain di pulau Jawa, pertumbuhan investasi Jatim adalah yang paling tinggi. Namun dia tidak menyebut berapa investasi di provinsi di pulau Jawa.
 
Aris hanya mengatakan bahwa investasi di Jatim didominasi oleh investor lokal. Dari total Rp66,5 triliun realisasi investasi, sebesar Rp47 triliun di antaranya berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PDMN), dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp19,5 triliun.
 
"PMA didominasi oleh sektor industri kimia di Kabupaten Tuban asal negara Singapura, yakni PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia," jelasnya.
 
Pemerintah Provinsi Jatim baru saja menggelar acara peluang investasi, East Java Investival (EJI) 2020. Kegiatan ini diharapkan menjadi pintu masuk bagi calon-calon investor ke Jatim.
 
Aris mengatakan gelaran EJI 2020 diharapkan dapat mendorong peningkatan realisasi investasi di Jatim. Setelah EJI 2020 digelar, Pemprov Jatim akan melakukan tindak lanjut.
 
"Kita akan komandani supaya syarat-syarat investasinya terpenuhi, kita kawal supaya perencanaan investasinya bisa berjalan konkret," ujar Aris.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif