Banjir di Medan, Sumatra Utara. (Foto: MI/Yoseph Pencawan)
Banjir di Medan, Sumatra Utara. (Foto: MI/Yoseph Pencawan)

9 Kecamatan di Kota Medan Dilanda Banjir

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Media Indonesia.com • 05 Desember 2020 13:05
Medan: Hujan yang kembali turun terus-menerus di Kota Medan, Sumatra Utara, sejak Jumat sore hingga malam, Jumat, 4 Desember 2020, mengakibatkan daerah yang mengalami banjir kian meluas.
 
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Nurly, mengungkapkan sampai dengan pukul 20.20 WIB banjir sudah meluas ke sembilan dari 21 kecamatan di kotanya.
 
"Kecamatan-kecamatan yang terdampak banjir antara lain Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah, Medan Polonia, Medan Helvetia dan Medan Labuhan," terangnya, Jumat, 4 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah kecamatan terdampak banjir itu lebih banyak dari dampak hujan deras sebelumnya yakni tujuh kecamatan. BPBD Medan sebelumnya mencatat banjir merendam tujuh kecamatan di Medan, yaitu Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah dan Medan Polonia.
 
Baca juga: Klaster Pendidikan, 179 Siswa SMK di Semarang Positif Covid-19
 
Banjir merendam 2.773 rumah, 1.983 KK dan 5.965 jiwa. Namun pada Jumat malam angka bertambah. Warga terdampak menjadi sebanyak 4.099 KK atau 12.383 jiwa. Mereka menempati 2.246 rumah di sembilan kecamatan yang tersebar di 13 Kelurahan.
 
Adapun korban meninggal sebanyak lima orang dan dua lainnya masih hilang. Sebanyak 181 jiwa sudah berhasil dievakuasi dengan rincian, anak-anak 50 jiwa, balita 38 jiwa, dewasa 67 jiwa dan lansia 26 jiwa. 
 
Saat ini BPBD dan berbagai stakeholder terkait, seperti TNI/ Polri, PMI, dan relawan masih terus memantau daerah aliran sungai. Pusdalops BPBD juga melakukan pengecekan dan pendataan di lapangan untuk menginventarisasi kerusakan sarana prasarana yang lain. (Yoseph Pencawan)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif