ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Vaksin Covid-19 di Kota Bogor Diprioritaskan Untuk Tenaga Kesehatan

Nasional Virus Korona Vaksinasi covid-19
Rizky Dewantara • 16 November 2020 12:10
Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan memberikan vaksin covid-19 tahap pertama kepada tenaga kesehatan (nakes). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor, jumlah nakes dan non-nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan berjumlah 8.925 orang dari sasaran 138.000 jiwa untuk vaksinasi tahap pertama.
 
“Untuk pemberian vaksin tahap pertama diprioritaskan untuk nakes sesuai instruksi dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie A. Rachim. Vaksin ini pemberiannya bertahap, tidak sekaligus diberikan semuanya,” ungkap Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 November 2020.
 
Retno mengatakan, setelah vaksin tahap pertama diberikan ke nakes, kemudian pemberian vaksin akan dilanjutkan pada TNI-Polri sejumlah 1.542 orang. Namun, jumlah tersebut belum mencakup semua anggota TNI-Polri di Kota Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu dilanjutkan pada garda terdepan pelayanan publik seperti Satpol PP, pemadam kebakaran, aparatur sipil negara (ASN) sejumlah 5.664 orang. Kemudian tenaga pendidik berjumlah 3.011 orang," ujar Retno.
 
Baca:Tes Covid-19 di Kota Sorong Disetop Sementara
 

Menurut dia, jumlah pemberian vaksin nantinya akan disesuaikan dengan jenis vaksin. Jika yang diberikan adalah vaksin jenis Sinovac, maka pemberian vaksin akan diberikan dua kali dengan interval 14 hari.
 
"Tapi kami belum menerima petunjuk teknis (juknis) pemberian vaksin, termasuk tanggal pasti dan jumlah vaksin yang akan diberikan di Kota Bogor," akunya.
 
Lebih lanjut, pihaknya masih menunggu juknisnya yang masih ada di draf. Jadi belum diedarkan secara resmi oleh pemerintah pusat. "Kita tunggu saja juknis secara detailnya seperti apa, intinya kami mengikuti saja,” tambah Retno.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif