Sejumlah orang dihukum push up operasi penertiban masker di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 19 November 2020. MI/Palce Amalo
Sejumlah orang dihukum push up operasi penertiban masker di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 19 November 2020. MI/Palce Amalo

Ratusan Orang Terjaring Razia Penertiban Masker di Kupang

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu
Media Indonesia.com • 19 November 2020 14:27
Kupang: Sekitar 100 warga terjaring razia masker di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis pagi, 19 November 2020. Razia masker dipimpin Lurah Liliba, Viktor Makoni, mulai pukul 10.00 Wita dan menemukan banyak pengendara sepeda motor dan mobil mengabaikan protokol kesehatan.
 
Penertiban masker dilakukan ole Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Liliba digelar di perbatasan antara Liliba dan Oebufu bersama aparat keamanan dari polisi dan TNI serta mahasiswa peserta kuliah kerja nyata dari Universitas Nusa Cendana.
 
"Warga yang melintas di wilayah Liliba wajib mengenakan masker sehingga kami di sini aman. Dan orang lain di luar kelurahan ini juga aman," kata Viktor Makoni di lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kepala Daerah Wajib Melarang Seluruh Kegiatan Berpotensi Kerumunan
 
Dalam razia tersebut pengendara motor yang tidak mengenakan masker diberhentikan dan diberikan edukasi mengenai protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak atau tidak menciptakan kerumuman. Setelah itu mereka dibagikan masker gratis, dan dihukum push up.
 
"Dengan push up, mereka akan ingat pakai masker," jelas Viktor.
 
Saat ini Kelurahan Liliba tercatat sebagai zona merah covid-19 karena dua warga terkonfirmasi positif korona. Namun dua warga tersebut diketahui sejak lama tidak tinggal di Liliba.
 
Liliba sebagai salah satu kelurahan tangguh covid 19 di Kupang juga terus memberikan sosialisasi kepada penyelenggara pesta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta rutin mengedukasi warga untuk menerapakan protokol covid-19.
 
Kepala Puskesmas Kelurahan Oebufu, Nunung, yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan saat ini terjadi peningkatan kasus korona di kelurahan tersebut. "Kami lakukan sosialisasi dan kemudian diikuti dengan pengambilan swab terutama masyarakat yang berstatus kontak erat," ungkap Nunung.
 
Hal ini juga sejalan dengan imbauan Pemerintah melalui #satgascovid19 yang tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif