Pagar sekolah ambruk akibat abrasi di Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (foto: Dokumentasi BPBA)
Pagar sekolah ambruk akibat abrasi di Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (foto: Dokumentasi BPBA)

Gayo Lues Dilanda Banjir dan Abrasi

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Fajri Fatmawati • 13 Januari 2021 14:47
Banda Aceh: Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Gayo Lues, Aceh, mengakibatkan banjir dan abrasi. Peristiwa itu mengakibatkan sebanyak 14 rumah terendam banjir dan pagar sekolah ambruk akibat abrasi.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan, bencana tersebut terjadi pada Selasa, 12 Januari 2021, pukul 16.00 WIB.
 
"Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Gayo Lues menyebabkan meluapnya alur di Kecamatan Terangun dan terjadi abrasi DAS Tripa di Kecamatan Tripe Jaya," kata Ilyas, Rabu, 13 anuari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Dinkes Banyumas Tunggu Perintah Lanjutan Vaksinasi Covid-19
 
Ilyas menyebut kecamatan yang dilanda banjir yaitu Desa Reje Pudung, Kecamatan Terangun. Sedangkan abrasi terjadi di Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.
 
"Dampak materialnya ada sekitar 14 unit rumah terendam banjir dan robohnya pagar sekolah karena abrasi," ujarnya.
 
BPBD Kabupaten Gayo Lues telah melakukan pembersihan rumah warga secara gotong royong dan mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran DAS Tripa agar selalu waspada.
 
"Tidak ada korban jiwa dan pengungsi dalam bencana ini. Namun, ada sekitar 14 jiwa korban terdampak, untuk kondisi terakhir debit air udah mulai surut dan material abrasi sedang dalam penanganan," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif