ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Seorang Guru di KKU Terpapar Covid-19 Usai Melayat di Medan

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19
Antara • 08 Oktober 2020 12:05
Pontianak: Satu orang guru di Kayong Utara terkonfirmasi positif covid-19 usai pulang melayat keluarganya yang meninggal di Medan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat, Bambang Suberkah, mengatakan guru tersebut juga sempat singgah di Jakarta.
 
"Betul guru SMKN 1 Sukadana ada yang positif covid-19 karena ada keluarganya di Medan meninggal dan dia pergi ke sana, pulangnya lewat Jakarta terus ke Pontianak tanggal 20 September 2020 dari Pontianak sampai ke Kayong Utara pada satu hari setelah itu," kata Bambang di Sukadana, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Baca: Pasien Positif Covid-19 di Kota Sorong Mencapai 1.050 orang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan pada 27 September 2020 guru tersebut di swab bermula kekhawatiran istrinya yang menceritakan suaminya tersebut mengalami indra penciumannya terganggu dan mengalami demam.
 
"Istrinya juga di swab sehari setelah suaminya kita swab. Sampel swabnya kita kirim sama-sama, namun yang keluar hasil swab suaminya dan dinyatakan positif," jelasnya.
 
Bambang menambahkan saat ini kondisi pasien tersebut terus membaik dan diisolasi mandiri di rumah pribadinya. "Guru ini pun taat isolasi mandiri tidak ke luar rumah, kondisi sekarang penciumannya sudah kembali dan dia tidak ada demam lagi dan tidak ada gejala lagi," ungkapnya.
 
Terkait penanganan dan pengendalian covid-19 pihaknya terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan bahkan razia masker serta lainnya. Ia mengajak masyarakat untuk terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan wabah covid-19 dengan terus memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.
 
"Selain itu kita juga terus melakukan tes swab kepada 200 orang setiap minggunya sebagaimana target dan diserahkan ke pemerintah Provinsi Kalimantan Barat," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif