Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi Korban Luka di Daerah Terisolasi

Dheri Agriesta 08 Agustus 2018 23:46 WIB
gempa bumiGempa Lombok
Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi Korban Luka di Daerah Terisolasi
Sejumlah pasien korban gempa bumi dirawat di halaman RSUD Tanjung, Lombok Utara, NTB. (ANT/Zabur Karuru)
Lombok Utara: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta, petugas gabungan segera mengevakuasi masyarakat yang mengalami luka parah di daerah terisolasi. Hadi memerintahkan, petugas mengevakuasi warga terisolasi dengan helikopter.

"Wilayah yang susah dijangkau kita akan kerahkan helikopter untuk mengevakuasi korban," kata Hadi di Lapangan Tanjung, Lombok Utara, NTB, Rabu, 8 Agustus 2018.

Korban luka parah yang dievakuasi menggunakan helikopter bisa dibawa ke RSUD Tanjung atau rumah sakit apung KRI Suharso. Saat ini, KRI Suharso bersandar di Pelabuhan Carik, Kayangan.


Kabupaten Lombok Utara terdiri dari enam kecamatan. Petugas pun sudah dikirim menyisir daerah yang terdampak gempa, khususnya daerah terisolir.

Baca: Panglima Kirim Pasukan Mendata Pengungsi Terisolasi

Hadi mengingatkan TNI dan Polri telah memiliki petugas yang berjaga di daerah itu. Jaringan komunikasi dengan babinsa dan babinkamtibmas.

"Sehingga kita jalankan apa yang sudah dibangun di sini, jaringan komando dari bawah ke atas sudah dilaksanakan dengan baik," kata dia.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan ada penambahan helikopter dari TNI, Polri, dan Badan SAR Nasional. Ia menilai, helikopter bisa digunakan mencapai daerah terpencil di gunung.

"Ada penambahan helikopter dari Panglima TNI, dari Polri ada dua, dari Basarnas juga," jelas Tito.



(LDS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id