Libur Panjang Berdampak Lancarnya Arus Mudik di Merak

Antara 12 Juni 2018 18:22 WIB
Mudik Lebaran 2018
Libur Panjang Berdampak Lancarnya Arus Mudik di Merak
: Sejumlah petugas mengatur antrean kendaraan roda empat yang akan masuk kapal ferry di Pelabuhan Merak Banten. Antara
Merak: Kebijakan yang dikeluarkan mengenai libur lebaran yang cukup panjang pada Lebaran 2018 berpengaruh terhadap penguraian dan kelancaran arus mudik khususnya di Pelabuhan Merak.

Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi mengatakan dengan adanya  kebijakan pemerintah mengenai libur yang cukup panjang, mampu mengubah pola mudik dari sebelumnya biasa bertumpuk pada H-3 dan H-2 lebaran, saat ini sudah berubah karena sejak H-7 sampai H-5 sudah terjadi peningkatan arus mudik yang signifikan.

"Kami masih memperkirakan puncaknya di Merak ini hari ini atau besok. Pengaruh libur panjang ini sangat terasa, sehingga penumpukan penumpang berubah," kata Ira, Selasa, 12 Juni 2018, di Pelabuhan Merak.


Ia mengatakan, pada lebaran tahun sebelumnya puncak arus mudik terjadi pada H-2 dengan jumlah pemudik mencapai 21 ribu lebih untuk roda dua pada 2017 dan totalnya mencapai 173 ribu lebih pemudik pada tahun lalu.

Menurutnya, dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2018, PT ASDP mengerahkan sebanyak 217 kapal di tujuh lintasan di seluruh Indonesia. Secara umum arus mudik di tujuh lintasan tersebut pada lebaran tahun ini berjalan lancar.

"Perpanjang libur sangat berpengaruh signifikan pada kelancaran arus mudik. Sebab H-6 tahun ini sudah naik yang signifikan," kata dia.

Upaya lain yang dilakukan ASDP, kata dia, yakni dengan membuka penjualan tiket Online serta membuka penjualan tiket di luar pelabuhan. Selain itu dilakukan operasional kapal besar, pengelolaan pengendara sepeda motor.

"Tahun tahun lalu sepeda motor dikhususkan di dermaga VI, tahun ini di dermaga lain juga dibuka untuk motor," katanya.

Pihaknya memperkirakan terjadi kenaikan penumpang pejalan kaki pada lebaran tahun ini dari 18.784 pada 2017 menjadi sekitar 31 ribu penumpang diantaranya yan dalam kendaraan 142 ribu. Kemudian untuk total penumpang roda dua pada lebaran Tahun 2018 diperkirakan naik menjadi 21 ribu, dibanding tahun lalu sebanyak 10.208 unit.

Kemudian pemudik roda empat diperkirakan naik menjadi 16 ribu pada lebaran tahun ini, naik dibanding dari tahun lalu yang hanya sekitar 13 ribu penumpang.

"Untuk itu kami minta pihak Polda Banten untuk bisa membantu dalam mengendalikan penumpang di Pelabuhan Merak yang diperkirakan malam nanti akan terjadi puncaknya," kata Ira.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id