Ilustrasi--Petugas mengisi air ke dalam jeriken milik warga saat distribusi air gratis di Desa Pegagan, Pamekasan, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Saiful Bahri)
Ilustrasi--Petugas mengisi air ke dalam jeriken milik warga saat distribusi air gratis di Desa Pegagan, Pamekasan, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Saiful Bahri)

BPBD Distribusi Air Bersih ke 10 Kecamatan di Lamongan

Nasional krisis air bersih
Muhammad Yakub • 24 September 2019 11:24
Lamongan: Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan air bersih ke 10 kecamatan di Kabupaten Lamongan. Dropping air bertujuan mengatasi kekeringan di wilayah tersebut.
 
"Wilayah yang kita kirimkan air tercatat 24 desa di 10 kecamatan tersebut," ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan, Jannata, Selasa, 24 September 2019.
 
Jannata mengatakan dari 24 desa itu, BPBD telah mengirimkan 60 rit mobil tangki air untuk desa-desa terdampak. 10 kecamatan yang terdampak kekeringan antara lain, Kecamatan Babat, Modo, Bluluk, Sugio, Sukorame, Kedungpring, Tikung, Sarirejo, dan Kecamatan Glagah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BPBD juga akan terus mengirimkan air bersih kepada kawasan yang mengalami kekeringan. Namun terlebih dahulu masyarakat harus mengajukan permintaan air bersih kepada kepala desa melalui camat di masing-masing wilayah.
 
Sementara itu, kata Jannati, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Lamongan belum meningkatkan status daruat kekeringan di wilayahnya. Meski krisis air bersih disebut meluas di 14 kecamatan.
 
"Kami belum umumkan darurat kekeringan," pungkasnya.
 
Menurut Jannati, belum ditingkatkannya status kekeringan menjadi darurat kekeringan itu dengan pertimbangan kawasan terdampak krisis air bersih belum terlalu meluas. Data 14 kecamatan dilanda kekeringan disebut berbeda dengan yang dimiliki BPBD. Pihaknya juga akan terus mendistribusikan air bersih sesuai permintaan masyarakat. (Shah Alam Pandu)
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif