Rektor UGM, Panut Mulyono tengah memantau pelaksanaan Utul di Yogyakarta
Rektor UGM, Panut Mulyono tengah memantau pelaksanaan Utul di Yogyakarta

45.356 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi Ujian Tulis UGM 2019

Nasional SNMPTN/SBMPTN 2019
Patricia Vicka • 14 Juli 2019 13:35
Sleman: Sebanyak 45.356 calon mahasiswa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma IV Universitas Gadjah Mada (UGM) via jalur Ujian Tulis (UTUL) mandiri. Seleksi UTUL 2019 diselenggarakan serentak di 5 kota besar di Indonesia, Minggu, 14 Juli 2019.
 
"Kalau untuk program vokasi, UGM akan menerima 250 mahasiswa baru di 13 program studi Diploma IV atau sebanyak 30 persen dari total kuota mahasiswa baru Sekolah Vokasi,"kata Rektor UGM, Panut Mulyono, Minggu 14 Juli 2019.
 
Panut menambahkan, pelaksanaan UTUL 2019 dilakukan di lima kota yakni Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, dan Medan. Sejumlah kampus dan sekolah digandeng sebagai lokasi pelaksanaan ujian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekolah yang menjadi lokasi UTUL 2019 seperti SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
 
Materi tes tertulis tahun ini meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan Soshum dan/atau Saintek, sesuai kelompok ujian yang dipilih.
 
"Untuk Soshum, materi yang diujikan terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara untuk Saintek terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia," jelas Panut.
 
Penilaian hasil akhir penerimaan calon mahasiswa menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL. Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang.
 
Pola ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi di Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif