Ilustrasi penertiban parkir liar. (MI/ BARY FATHAHILAH)
Ilustrasi penertiban parkir liar. (MI/ BARY FATHAHILAH)

Petugas Angkut Kendaraan yang Parkir Liar di Garut

Nasional parkir liar
Antara • 15 Juli 2019 13:02
Garut: Petugas gabungan menertibkan parkir liar kendaraan roda dua dan empat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin, 15 Juli 2019. Kendaraan yang diangkut melanggar peraturan lalu lintas dan mengganggu kenyamanan masyarakat di Kota Dodol itu.
 
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman mengatakan, penertiban kendaraan yang parkir liar diprioritaskan di Jalan Ahmad Yani. Pemilihan Jalan Ahmad Yani karena sering dikeluhkan masyarakat.
 
"Kita mengamankan seluruh kendaraan yang ketahuan parkir di tempat terlarang, jika tidak ada orangnya kami angkut," kata Suherman, melansir Antara, Senin, 15 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuturkan penertiban melibatkan petugas Dinas Perhubungan, Kepolisian Resor Garut, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut. Para petugas diterjunkan menyusuri sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani.
 
Saat penertiban, petugas menemukan banyak kendaraan roda dua yang parkir di bahu jalan, depan toko, juga di kawasan yang terdapat rambu dilarang parkir.
 
"Ini upaya kami untuk mewujudkan kawasan kota yang aman dan nyaman, bebas dari parkir liar," katanya.
 
Ia menyampaikan operasi parkir liar terus berlanjut untuk memberikan pemahaman dan mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas. Ia mengimbau masyarakat dan pemilik toko agar saling mengingatkan untuk tidak parkir di sembarang tempat.
 
"Ini akan terus berlanjut sehingga ke depan tidak ada lagi parkir liar," jelasnya.
 
Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, kendaraan yang parkir sembarangan sudah seharusnya ditertibkan karena mengganggu pengguna jalan lain dan juga melanggar Undang-undang Lalu Lintas.
 
Dia melanjutkan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dalam penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di kawasan perkotaan itu.
 
"Kita akan tegakan aturan, kalau ada kendaraan yang melanggar lalu lintas tentu akan ditilang," tegas Budi.
 
Seorang pengguna jalan warga Garut, Tati Nurhayati, menyampaikan dukungan adanya penertiban kendaraan yang parkir sembarangan dan juga pedagang kaki lima di kawasan perkotaan.
 
"Saya mendukung penertiban ini, karena yang dulunya semrawut sekarang jadi bagus, bersih, nyaman," katanya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif