Puing bangunan sisa kebakaran hebat di Agats, Ibukota Asmat, Papua, Selasa (17/9). (foto : Humas Polda Papua). Antara
Puing bangunan sisa kebakaran hebat di Agats, Ibukota Asmat, Papua, Selasa (17/9). (foto : Humas Polda Papua). Antara

Ratusan Rumah dan Kios di Asmat Terbakar

Nasional kebakaran
Antara • 18 September 2019 08:55
Asmat: Sebanyak 110 rumah kios di kawasan permukiman Jalan Sudarso hingga Jalan Dolog, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, ludes dalam kebakaran yang terjadi Selasa, 17 September 2019. Api dengan cepat menyebar karena seluruh bangunan terbuat dari kayu.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dugaan sementara kebakaran akibat hubungan arus pendek listri, tapi kami masih mendalaminya," kata Kapolres Asmat AKB Andi Yoseph Enoch.
 
Kebakaran itu membuat 897 jiwa kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha mereka terbakar. Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan jumlah bangunan berupa rumah warga, rumah toko (ruko), kios dan lain-lain yang terbakar mencapai lebih dari 100-an unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan oleh Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Asmat.
 
"Selama 18 tahun saya bermukim di Asmat, musibah kebakaran kali ini merupakan yang paling besar. Upaya pertolongan agak sulit dilakukan karena kejadiannya subuh saat orang masih terlelap," kata Kambu.
 
Hingga kini Polres Asmat masih menyelidiki penyebab kebakaran hebat yang bermula dari Jalan Yos Sudarso pada sekitar pukul 02.00 WIT tersebut dan merambat hingga ke Jalan Muyu, Jalan Ayam Kecil dan Jalan Dolog itu.
 
"Saya belum mendapat informasi dari polisi, yang pasti tidak ada sabotase. Kebakaran ini memang murni musibah," kata Kambu.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif