Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Satgas Ogan Komering Ulu Padamkan Karhutla

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Antara • 27 Oktober 2019 16:01
Baturaja: Tim Satuan tugas (satgas) TNI Kodim 0403 wilayah Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sudah memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur pada Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Letkol Arm Agung Widodo mengatakan dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Cempaka tersebut pihaknya melibatkan Tim Satgas dari Koramil, Polsek, dan BPBD OKU Timur.
 
"Bahkan saya sendiri sempat terjun langsung ke lapangan guna memadamkan api," kata Agung di Baturaja, Minggu, 27 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agung menjelaskan api yang membakar lahan perkebunan milik warga setempat itu baru dapat dipadamkan Jumat, 25 Oktober 2019 petang oleh puluhan petugas yang tergabung dalam Satgas Karhutla.
 
Menurut Agung pihaknya belum dapat memastikan sumber api, yang jelas lahan kosong berbatasan dengan perkebunan tebu milik salah satu perusahaan ini baru dapat dipadamkan beberapa jam setelah kebakaran.
 
Agung juga mengimbau kepada masyarakat di wilayah itu untuk bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak terjadi kebakaran atau sengaja dibakar.
 
"Apalagi wilayah Kecamatan Cempaka ini menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan karena masih banyak lahan kosong yang mudah terbakar saat musim kemarau seperti sekarang
ini," pungkas Agung. (Nuansa Islami)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif