Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo

Wali Kota Jamin Warga Papua Aman di Solo

Nasional Kerusuhan Manokwari
Pythag Kurniati • 23 Agustus 2019 18:34
Solo: Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Papua yang berada di wilayahnya. Hal itu dia sampaikan setelah ditemukannya tulisan provokatif tentang Papua di Solo.
 
Wali kota yang disapa Rudy itu meminta masyarakat tidak memprovokasi dan terprovokasi atas penemuan tulisan vandalisme itu. "Masyarakat Papua kami jamin aman dan nyaman di Solo," katanya, Jumat, 23 Agustus 2019.
 
Menurutnya, warga Solo tidak mungkin melakukan hal-hal yang bersifat rasial atau diskriminasi. Sebab Solo, kata dia, merupakan merupakan kota dengan toleransi yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada istilahnya kami itu membeda-bedakan. Kalau ada yang memecah belah mari kita lawan bersama," ujar dia.
 
Terkait tulisan-tulisan provokatif yang ditemukan di Solo, Rudy meminta aparat kepolisian dan Satpol PP mencari pelaku. Selain itu, petugas diminta melakukan patroli untuk mencegah hal tersebut terulang.
 
Kapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, mengatakan akan memroses pelaku vandalisme secara hukum. Timnya saat ini tengah mencari pelaku yang mencoreti tembok warga dengan tulisan provokatif.
 
"Tentu pelakunya akan diproses secara hukum. Ini sedang dalam pencarian, semoga bisa segera diungkap," kata Andy.
 
Pihaknya mengaku telah berkomunikasi dengan masyarakat Papua. "Kami menduga pelakunya bukan masyarakat Papua, karena mereka justru tidak nyaman dengan tulisan itu," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Andy meminta masyarakat bersama-sama meredam situasi yang panas. "Mari kita jaga kondusifitas Kota Solo yang aman ini," pungkasnya.
 
Sebelumnya, beberapa tulisan tentang Papua ditemukan di tiga titik di Solo. Isinya dinilai provokatif dan memecah belah persatuan masyarakat. Satpol PP telah mendatangi lokasi dan mengecat tulisan tersebut dengan warna putih.
 


 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif