Kondisi banjir di Kabupaten PALI, Sumsel. Foto: Istimewa
Kondisi banjir di Kabupaten PALI, Sumsel. Foto: Istimewa

Banjir Setinggi 85 Sentimeter Rendam Talang Ubi

Nasional bencana banjir
Gonti Hadi Wibowo • 02 Februari 2020 14:24
PALI: Hujan deras yang melanda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatra Selatan, Minggu, 2 Februari 2020, sekitar pukul 07.00 WIB mengakibatkan banjir di dua RT di Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, PALI. Ketinggian banjir mencapai 85 sentimeter.
 
"Hujan deras pagi tadi membuat sungai Abab meluap dan tidak mampu menampung air terlalu banyak sehingga mengakibatkan banjir di RT 03 dan 04 di Talang Ubi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI, Junaidi, Minggu, 2 Februari 2020.
 
Junaidi mengatakan banjir juga membuat jembatan penghubung RT 04 dan RT 03 rusak diterpa derasnya sungai Abab. Masyarakat harus menempuh jarak yang lebih jauh akibat rusaknya jembatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, personel BPBD dibantu polisi dan TNI, serta masyarakat terus melakukan pendataan dan melakukan evakuasi terhadap warga terdampak. Jumlah kerusakan akibat banjir pun belum diketahui.
 
"Kami belum bisa memastikan ada berapa rumah yang terendam banjir untuk itu ada puluhan. Untuk lebih rincinya petugas masih terus melakukan pendataan di lokasi," jelasnya.
 
Junaidi melanjutkan hujan deras juga mengakibatkan pohon tumbang di Talang Rimba, Kecamatan Talang Ubi. Petugas sudah melakukan pembersihan terhadap pohon tumbang yang menghalangi jalan raya.
 
Pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada serta mengurangi aktivitas di luar rumah. Warga diminta tidak mendekati tiang listrik dan menghindari berteduh di bawah pohon.
 
"Info yang kami terima dari BMKG bahwa curah hujan itu masih meningkat hingga Maret nanti sehingga masyarakat harus tetap waspada," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif