Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyerahkan insentif bagi ketua RT dan RW. (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyerahkan insentif bagi ketua RT dan RW. (Foto: Istimewa)

Ketua RT-RW di Purworejo Terima Insentif

Nasional Virus Korona
Bagus Aryo Wicaksono • 18 Mei 2020 15:42
Purworejo: Ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di Purworejo, Jawa Tengah, menerima insentif sebesar Rp250 ribu per bulan. Pemberian insentif merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Purworejo, atas pengabdian dan pelayanan mereka untuk masyarakat.
 
Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, mengatakan, pemberian insentif bagi ketua RT dan RW diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 73 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif Kepada Ketua RT dan Ketua RW. Insentif bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
 
"Insentif yang diterima sebesar Rp250 ribu yang dibayarkan setiap bulan atau sesuai anggaran kas pada kecamatan. Insentif untuk desa-kelurahan empat bulan sekali," ujar Yuli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yuli menambahkan jumlah ketua RT penerima insentif sebanyak 4.156 untuk desa dan 519 untuk kelurahan. Sedangkan untuk ketua RW sebanyak 1.522 orang untuk desa dan 320 untuk kelurahan.
 
Baca juga:6 Ribu Karyawan Pasar Baru Kota Bandung Terlantar
 
Dia berharap pemberian insentif memacu kinerja mereka dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. "Termasuk untuk menjaga lingkungan masing-masing dari ancaman covid-19 dengan terus mendorong penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Purworejo, Agus Ari Setiyadi, menambahkan, insentif Ketua RT dan Ketua RW ditingkat desa diberikan selama empat bulan. Sehingga masing-masing RT dan RW akan menerima insentif total sebesar Rp1 juta.
 
"Karena berkaitan dengan penghasilan seseorang yang berasal dari dana pemerintah, peraturan perpajakan tetap akan diberlakukan," kata Agus.
 
Agus menjelaskan saat ini dari 494 desa/kelurahan, baru 25 kelurahan di Purworejo yang menyalurkan insentif. Sedangkan 469 desa, yang telah mengajukan baru sebanyak 203 desa.
 
“Kami minta kepada desa-desa yang belum mengajukan insentif ketua RT dan ketua RW, untuk segera melaksanakan permohonan pencairannya,” pungkasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif