ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Khofifah Pastikan Stok Masker di Jatim Aman

Nasional Virus Korona PSBB
Amaluddin • 20 Mei 2020 03:57
Surabaya: Pemerintah pusat mengeluarkan regulasi tentang pemerintah daerah (pemda) wajib mengalokasikan anggaran penyediaan masker. Terkait hal itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memastikan Pemprov Jatim memiliki stok masker untuk masyarakat dan tenaga medis.
 
"Dulu kami pernah minta kouta masker dari pabrik. Insyaallah ketersediaan masker kita cukup untuk masyarakat," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa malam, 19 Mei 2020.
 
Baca: Seluruh Pasar di Jatim Akan Terapkan Sistem Ganjil Genap

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah menjelaskan penyediaan masker bagi masyarakat adalah satu dari kewajiban Pemerintah Kabupaten/Kota, berkaitan pemberian layanan pencegahan penyebaran covid-19. Maka itu pemerintah pusat mengeluarkan sejumlah regulasi yang mengharuskan pemda, melakukan realokasi anggaran.
 
Regulasi itu tertuang Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan 119/2813/SJ, dan 117/KMK.07/2020 soal Percepatan Penyesuaian APBD dalam Rangka Penanganan Covid-19. Jika pemda tidak merealokasi anggaran untuk itu, maka pemerintah pusat akan memberikan sanksi untuk Pemda.
 
"Maka itu, kami ingatkan agar pemda di kab/kota segera merealokasi anggaran, ini untuk memberikan layanan penanganan penyebaran covid-19, termasuk penyelenggaraan masker," jelas Khofifah.
 
Khofifah mengatakan penggunaan masker saat ini menjadi bagian dari norma baru di tengah pandemi covid-19 atau yang kerap disebut new normal. "Masker ini memang sudah menjadi norma baru tata kehidupan kita sekarang ini," pungkasnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif