Warga saat dibagikan masker oleh Ketua gugus tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru di Hotel Sahid, Kota Jayapura. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Warga saat dibagikan masker oleh Ketua gugus tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru di Hotel Sahid, Kota Jayapura. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Karantina Warga Pasar Hamadi Dimanjakan Fasilitas Hotel

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 14 Mei 2020 15:05
Jayapura: Pemerintah Kota Jayapura, Papua, mengarantina ratusan warga Pasar Hamadi yang hasil tes cepat (rapid test) reaktif. Salah satu tempat karantina yakni Hotel Sahid di wilayah Entrob, Kota Jayapura.
 
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan, di Hotel Sahid ada 126 warga Pasar Hamadi yang menjalani karantina.
 
“Kalau total semuanya dari hasil rapid tesr di Pasar Hamadi ada 239 orang yang reaktif, namun tempat tidur di sini (Hotel Sahid) hanya bisa menampung 126 orang, yang lainnya kami karantina di Hotel Muspago. Ada rencana juga nanti kalau tidak muat, kami pakai (gedung) Diklat Kota,” kata Rustan, Kamis, 14 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rustan mengatakan, selama menjalani masa karantina warga akan diperlakukan layaknya tamu hotel. Mulai dari makan, minum, hingga fasilitas olahraga akan disiapkan.
 
Baca juga:Pasien Covid-19 di Cirebon Tersisa Satu Orang
 
“Selama mereka di sini, akan di beri makan tiga kali sehari, bagi yang puasa akan disiapkan hidangan sahur dan berbuka. Kami juga siapkan fasilitas olahraga bagi mereka, dan semua gratis,” jelasnya.
 
Selain itu kata Rustan, semua kamar dilengkapi dengan pendingin udara. Namun untuk menjaga kesehatan penghuni kamar, suhu tiap kamar akan diatur 25 derajat.
 
“Kenapa dibatasi suhunya, karena virus korona akan aktif di suhu yang dingin,” katanya.
 
Dirinya juga berpesan kepada warga yang beragama Islam agar dalam masa karantina tetap melaksanakan ibadah puasa dan salat.
 
“Yang jelas ada hikmah di sini, ada rahmat dan hidayah Tuhan di sini. Kita tidak tau apa rencana Tuhan buat kita, yang penting kita sabar, ikhlas tulus dan berdoa, semoga Allah berikan rahmat bagi kita semuanya,” pungkasnya.
 
Hingga Rabu, 13 Mei 2020, jumlah kumulatif pasien positif covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 73 orang. Sebanyak 24 orang dilaporkan sembuh, sedangkan tiga pasien meninggal dunia. Adapun pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 40 orang, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 175, dan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 408 orang.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif