Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Penyelundupan 15,8 Kg Sabu Asal Malaysia ke Dumai Digagalkan

Nasional sabu
Media Indonesia.com • 09 Juli 2020 22:49
Riau: Pengiriman 15,8 kilogram sabu asal Malaysia melalui Pulau Rupat menuju Kota Dumai Riau, digagalkan kepolisian. Dua kurir ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka.
 
"Awalnya bermula dari informasi masyarakat adanya dugaan transaksi ataupun pengiriman Narkoba di Pulau Rupat menuju Kota Dumai. Personel tim tiger Ditres Narkoba Polda Riau melakukan penyelidikan," jelas Direktur Ditres Narkoba Polda Riau, Kombes Suhirman, di Pekanbaru, Riau, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Suhirman menerangkan, para tersangka yakni YH dan D merupakan warga Duri, Kabupaten Bengkalis. Kedua tersangka dijanjikan upah Rp5juta per kilogram dari sindikat narkotika internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Peredaran Sabu Sindikat Internasional Digagalkan BNN
 
Dia menerangkan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) Pelabuhan Roro Dumai. Upaya pengadangan dan penggeledahan dilakukan terhadap kendaraan yang keluar dari kapal penyeberangan.
 
"Tim yang dibantu dengan petugas DLLAJR berhasil mengamankan dua tersangka yang berinisal YH dan D bersama dengan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 15,8 kg. Sabu disembunyikan di bawah kursi tengah mobil," jelasnya.
 
Dia mengaku, pihaknya tengah mengembangkan kasus tersebut. Kini, diketahui sabu tersebut akan diserahkan ke seseorang berinisial S.
 
"S kini buron atau DPO. S inilah pengendali yang berjanji akan memberikan upah Rp5 per kg jika pengiriman berhasil," ujar Suhirman.
 
Kedua tersangka kini ditahan dan masih menjalani proses pemeriksaan lebih. Keduanya disangkakan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif