NEWSTICKER
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

KPU Bantul Umumkan Hasil Seleksi PPK

Nasional Pemilu Serentak 2020
Ahmad Mustaqim • 15 Februari 2020 18:07
Bantul: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengumumkan hasil akhir seleksi pendaftar panitia pemilihan kecamatan (PPK) hari ini. Pengumuman hasil seleksi ini menjadi tahap akhir sebelum PPK mulai bekerja 1 Maret mendatang.
 
Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, mengatakan ada sebanyak 10 orang dari setiap kecamatan di Bantul demgam total 17 kecamatan. Yang dinyatakan lolos melewati tes tertulis dan wawancara. Mereka yang lolos diberi sistem pemeringkatan satu hingga 10.
 
Peringkat satu hingga lima sudah dipastikan lolos, sementara peringkat enam hingga 10 menjadi cadangan untuk pergantian antarwaktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari total 17 kecamatan, jumlah yang lolos harusnya 170 orang. Karena ada dua orang, yang tidak hadir dan satunya keterima kerja di luar Bantul, jadi yang lolos jumlahnya 168 orang," kata Didik saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Didik menjelaskan pihak KPU masih membuka kesempatan untuk masukan dan tanggapan publik terhadap nama-nama yang lolos dan diumumkan di setiap kecamatan. KPU Bantul masih menunggu masukan dan tanggapan publik hingga 21 Februari mendatang.
 
Jika tak ada tanggapan, lima orang di setiap kecamatan itu akan diumumkan lolos. Apabila harus dilakukan pergantian antarwaktu, maka harus memenuhi tiga persyaratan, yakni mengundurkan diri; tak bisa melaksanakan tugas karena situasi permanen, misalnya meninggal dunia, dan terjadi proses pelanggaran terhadap kode etik penyelenggara pemilu.
 
"Kami akan melantik PPK terpilih ini pada 29 Februari. Mereka akan mulai bekerja 1 Maret," jelas Didik.
 
PPK dalam menjalankan tugasnya akan mendapatkan honor Rp1,8 juta untuk ketua dan Rp1,6 juta untuk anggota. Didik menambahkan, lama waktu bekerja PPK ini selama sembilan bulan. "PPK mulai bekerja 1 Maret hingga 31 November," pungkas Didik.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif