ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Kejari Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Aceh Tsunami Cup

Fajri Fatmawati • 19 September 2022 22:45
Banda Aceh: Kejaksaan Negeri (Kejari) Banda Aceh menetapkan M Zaini Yusuf sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Aceh World Solidarity Cup (AWSC) atau Tsunami Cup 2017. Ia Merupakan pembina event sepakbola internasional tersebut.
 
Kasi Intelijen Kejari Banda Aceh, Muharizal, mengatakan tersangka diduga secara bersama-sama turut menikmati dana penyimpangan anggaran AWSC 2017 sebesar Rp730 juta.
 
Baca: Dugaan Korupsi Bertambah, Pihak Lukas Enembe Akan Melawan Tudingan KPK

Hal itu terungkap dalam fakta penyidikan dan persidangan dalam perkara terdakwa lainnya yakni Moh Sa’adan Bin Abidin dan Simon Batara Siahaan Anak Bangga Siahaan.
 
M Zaini Yusuf sendiri merupakan adik dari mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, yang saat ini juga sedang menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tersangka dilakukan penahanan penahanan oleh penyidik selama 20 hari kedepan di rutan Kajhu Aceh Besar," kata Muharizal, Senin, 19 September 2022.
 
Muharizal menyampaikan berdasarkan fakta penyidikan kegiatan Aceh World Solidarity Cup Tahun 2017 terselenggara dengan dana yang bersumber dari APBA perubahan 2017 melalui Dinas Pemuda Dan Olah Raga (Dispora) Pemerintah Aceh sebesar Rp3,8 miliar lebih.
 
Kemudian juga ada penerimaan langsung oleh panitia pelaksana (Panpel) yang bersumber dari Sponsorship, sumbangan pihak ketiga lainnya yang sah dan tidak mengikat, serta penjualan tiket sebesar Rp5,4 miliai lebih.
 
"Bahwa penyimpangan anggaran pad event AWSC 2017 ini telah mengakibatkan kerugian negara kurang lebih sebesar Rp2,8 miliar berdasarkan LHP BPKP Perwakilan Aceh," jelasnya.
 
Dalam perkara ini, tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 JO Pasal 8 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Sebagaimana telah diubah dengan UU No. 21 Tahun 2001 tentang Perubahan UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif