Biro Persidangan I Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI bertemu dengan DPRD Kabupaten Kotabaru (Foto:Dok.DPR RI)
Biro Persidangan I Sekjen dan Badan Keahlian DPR RI bertemu dengan DPRD Kabupaten Kotabaru (Foto:Dok.DPR RI)

Perusahaan Sawit Diminta Bangun Jalan Pakai Dana CSR

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 25 April 2019 17:01
Jakarta: Kepala Biro Persidangan I Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI M Dimyati Sudja menyarankan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, agar mengkoordinasikan pembangunan jalan provinsi yang digunakan oleh perusahaan penghasil kelapa sawit.
 
Koordinasi bisa dilakukan antara pemerintah daerah dan perusahaan.
 
Hal itu disampaikan oleh Dimyati saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Kotabaru ke Setjen dan BK DPR RI, di ruang rapat Karosid I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 April 2019. Pertemuan itu membahas ketentuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Memang ada beberapa ketentuan agar perusahaan sawit membangun jalan dengan memanfaatkan dana CSR atau program peduli lingkungan lainnya, untuk segera dilakukan upaya koordinasi semaksimal mungkin,” kata Dimyati, dilansir Dpr.go.id, Kamis, 25 April 2019.
 
Dimyati menjelaskan, dalam aturan dijelaskan bahwa perusahaan wajib membangun lingkungan sekitar melalui dana CSR. Termasuk untuk pembangunan jalan.
 
"Pemda juga bisa push (menekan), tapi tetap harus dilakukan koordinasi secara intens dan bijak,” kata Dimyati mengingatkan.
 
Selain itu, Dimyati juga menyarankan agar DPRD Kotabaru menyalurkan aspirasi kepada komisi terkait di DPR RI sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat.
 
Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru Denny Hendro Kurnianto menyampaikan, jalan daerah banyak yang rusak. Salah satu penyebabnya ialah banyak kendaraan pengangkut CPO yang melebihi muatan.
 
Denny menyebutkan, kondisi tersebut meresahkan masyarakat. Denny berharap, kunjungan ke Setjen dan BK DPR RI akan memberikan titik terang atas permasalahan jalan di Kotabaru.
 
“Intinya dengan menggunakan atau mengandalkan APBD yang sangat kurang, tentu perlu perhatian khususnya dari Komisi V DPR RI untuk mendorong DAK untuk Kabupaten Kotabaru,” ucap Denny.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif