Penyidik Polda Sulsel geledah kantor Bupati Gowa, Selasa, 14 Mei 2019. (Medom.id/ M Syawaluddin)
Penyidik Polda Sulsel geledah kantor Bupati Gowa, Selasa, 14 Mei 2019. (Medom.id/ M Syawaluddin)

Kantor Bupati Gowa Digeledah

Nasional kasus korupsi
Muhammad Syawaluddin • 14 Mei 2019 19:48
Makassar: Tim Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menggeledah kantor Bupati Gowa, Selasa, 14 Mei 2019. Tim menggeledah sejumlah ruangan dan ruang kerja Bupati Gowa.
 
"Iya kita lakukan penggeledahan. Terkait dugaan korupsi dana Imtaq," kata Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wiradjati, saat ditemui di disela-sela penggeledahan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa 14 Mei 2019.
 
Sepuluh penyidik menggeledah sejumlah ruangan, yakni kantor Dinas Pendidikan, ruang Keuangan, ruang kerja Bupati Gowa, dan ruang Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa. Penyidik menyitadua boks dokumen dari penggeledahan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kasusnya itu terkait pengadaan alat peraga Imtaq tahun 2018 lalu senilai Rp5,5 miliar," ujarnya.
 
Kantor Bupati Gowa Digeledah
Penyidik Tipikor Polda Sulsel bawa barang bukti dugaan korupsi. (Medcom.id/ M Syawaluddin)
 
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, mengatakan penggeledahan terkait penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan alat peraga Imtaq di Dinas pendidikan Kabupaten Gowa tahun 2018.
 
Dicky menjelaskan, pengadaan barang berupa alat peraga senilai Rp5,5 miliar itu diduga di-mark up oleh rekanan atau penyedia yakni PT. Arsa Putra Mandiri, yang dipinjam untuk digunakan oleh Rahmawati Bangsawan alias Neno.
 
"Dari hasil kegiatan penyelidikan Subdit Tipikor Polda Sulsel di Yogyakarta (lokasi sumber barang) uang yang dikeluarkan untuk pekerjaan kurang lebih Rp1,5 miliar," kata Dicky.
 
Selain itu, ditemukan keterlambatan pada Februari 2019. Yakni masih ada pengiriman barang dari Yogyakarta ke Makassar, sementara BAST progres pekerjaan dinyatakan 100 persen pada September 2018.
 
"Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat intervensi dari beberapa pihak dalam proses lelang, pelaksanaan maupun pencairan pembayaran," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif