Visual Gunung Karangetang dari kapal Pos Pengamatan Gunung di depan Desa Batubulan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Istimewa
Visual Gunung Karangetang dari kapal Pos Pengamatan Gunung di depan Desa Batubulan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Istimewa

Penyintas Erupsi Karangetang Ingin Pulang

Nasional erupsi gunung
Mulyadi Pontororing • 11 Februari 2019 19:33
Manado: Penyintas erupsi Gunung Karangetang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, berharap erupsi gunung yang menerjang kampung mereka segera berakhir. Vera Kakomore, salah satu pengungsi, berharap segera beraktivitas kembali di kampung mereka.
 
"Pada waktu kami di kampung keadaan, khawatir dan takut itu semua ada. Namun kami berharap bencana ini bisa cepat berlalu sehingga kami bisa kembali ke kampung," kata salah satu penyintas Desa Kawahang di shelter BPBD Sitaro, Senin, 11 Februari 2019.
 
Vera menyebut, ia dan warga lain merasa lebih aman berada di pengungsian karena semua kebutuhan terpenuhi. Vera juga mengaku rasa trauma akibat erupsi Gunung Karangetang yang mungkin masih terjadi kapan saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, hal itu tak menyurutkan dia dan warga lainnya berharap segera dipulangkan jika keadaan sudah aman. "Makanya kami bertanya-tanya kapan kami akan dikembalikan lagi ke kampung. Agar bisa ke kebun lagi agar bisa beraktivitas lagi seperti semula," ujarnya.
 
Penyintas Erupsi Karangetang Ingin Pulang
Pengungsi di salah satu titik pengungsian. Medcom.id/Mulyadi Pontororing
 
Badan SAR Manado menetapak zona aman wilayah Karangetang hingga gunung dengan ketinggian 1.784 mdpl itu tak boleh dimasuki. "Tim juga akan terus mengawasi aktivitas masyarakat guna mencegah jika ada yang nekat masuk di kawasan atau zona larangan Karangetang," jelas Humas Basarnas Manado Fery Arianto
 
Kapal KN SAR Bina Sena juga masih akan ditempatkan di sekitar perairan Gunung Karangetang untuk berjaga jika sewaktu-waktu digunakan untuk penyaluran logistik.
 
"Selain itu tim juga melakukan pelayanan gratis terhadap masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Karangetang," ujarnya.
 

 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif