Ilustrasi--Fasilitas kesehatan di RS Darurat Korona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi--Fasilitas kesehatan di RS Darurat Korona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

RS Rujukan Utama Covid-19 di Aceh Terisi 62%

Nasional Virus Korona aceh covid-19 rumah sakit rujukan covid-19 pandemi covid-19
Fajri Fatmawati • 18 Mei 2021 12:32
Banda Aceh: Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) di Banda Aceh, Aceh, nyaris penuh. Pasien covid-19 yang kini dirawat di rumah sakit rujukan utama covid-19 di Aceh itu telah mencapai 91 orang.
 
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan tempat tidur (bed) yang tersedia untuk perawatan pasien covid-19 di RSUDZA Banda Aceh sudah terisi sekitar 62,96 persen.
 
"Puncak pasien covid-19 tahun lalu sebanyak 75 orang. Artinya jumlah yang dirawat saat ini melampaui puncak kurva itu," kata Saifullah, Selasa, 18 Mei 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saifullah menjelaskan, RSUDZA memiliki 108 bed perawatan bagi pasien-pasien rujukan covid-19 dari seluruh Aceh. Tersedia 12 ruang Respiratory Intesive Care Unit (RICU) dan delapan di antaranya sudah terisi pasien covid-19. 
 
"Kemudian, di ruang Respiratory High Care Unit (RHCU) tersedia 20 bed dan sudah terisi 16 pasien," tambah dia. 
 
Baca: 12 Pemudik Tiba di Jepara Positif Covid-19
 
Sementara itu, lanjut Saifullah, di ruang rawat Pinere 1 sudah terisi penuh dari 15 bed yang tersedia. Ruang Pinere IV sudah terisi empat pasien dari 11 bed yang ada di sana. Sedangkan di Ruang Isolasi Pinere sudah diisi 33 pasien dari 50 bed yang disediakan.
 
"Kondisi dan availability (ketersediaan) rumah sakit rujukan utama tersebut hendaknya menjadi alarm bagi manajemen RSUD kabupaten/kota agar makin meningkatkan selektivitas rujukan ke RSUDZA, dan juga mengoptimasi ruang perawatan yang dimilikinya," tutur dia.
 
Saifullah mengungkapkan, selektivitas tersebut tidak menghambat pelayanan kepada pasien sesuai kebutuhan medisnya. Selektivitas bertujuan untuk merujuk pasien yang tepat pada waktu yang tepat.

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif