Gelombang tinggi di pantai Ujungbatu Jepara, menyulitkan distribusi kebutuhan pokok masyarakat. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Gelombang tinggi di pantai Ujungbatu Jepara, menyulitkan distribusi kebutuhan pokok masyarakat. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Karimunjawa Krisis Elpiji

Nasional kelangkaan elpiji
Rhobi Shani • 07 Januari 2020 16:22
Jepara: Aktivitas pelayaran penumpang dan barang dari Jepara ke Karimunjawa, Jawa Timur, dan sebaliknya, ditutup sejak Jumat, 3 Januari 2020. Akibatnya, ketersediaan bahan pokok masyarakat terus menipis, salah satunya isi ulang gas elpiji.
 
Sekretaris Camat Karimunjawa, Nor Sholeh, mengatakan saat ini stok gas elpiji di pangkalan di Karimunjawa kosong. Begitu juga dengan stok bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).
 
“Gas elpiji di pangkalan dan pengecer habis, tapi di rumah tangga masih ada. Beras, gula, dan minyak kelapa aman,” ujar Nor Sholeh, Selasa, 7 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, stok bahan makanan seperti beras dan gula jauh-jauh hari sudah tersedia di Karimunjawa. Itu untuk mengantisipasi jika tidak ada pelayaran dalam waktu cukup lama akibat ombak besar seperti saat ini.
 
Terpisah, Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Syahbandar Jepara, Trijoto, mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima pengajuan surat izin persetujuan berlayar (SPB) mengangkut gas elpiji dan BBM ke Karimunjawa. Kondisi perairan laut utara Jawa saat ini tinggi gelombang mulai 1,5 meter hingga 2,5 meter.
 
“Ombaknya masih besar. Belum ada pengajuan SPB untuk angkut LPG maupun BBM. Stok BBM biasanya dipasok dari Semarang dan Surabaya,” imbuh Trijoto.
 
Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi tinggi gelombang di perairan laut utara Jawa, pada Rabu 8 Januari 2020, mulai turun. UPP Syahbandar berencana kembali membuka aktivitas pelayaran barang dan penumpang.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif