Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

TKW Jember Dibuang Majikannya dari Malaysia

Nasional tenaga kerja
Antara • 11 Oktober 2019 11:04
Pontianak: Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Jember, Jawa Timur, Musbah Chusnul Chotimah, ditelantarkan di Singkawang, Kalimantan Barat, oleh majikannya dari Malaysia. Polisi menduga Musbah korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).
 
"Parahnya lagi, wanita ini sekarang sedang sakit, sehingga dipulangkan oleh majikannya dari perbatasan lewat travel, kemudian diturunkan di Kota Singkawang sepekan lalu," ungkap Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi, melansir Antara, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Informasi yang dihimpun, Musbah telah bekerja di Malaysia selama 10 bulan dan tidak digaji. Menurut pengakuan Musbah, dirinya telah dijual majikannya di Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polres Singkawang memulangkan Musbah ke Jember. Proses pemulangan dilakukan dengan berkoordinasi antara Polres Singkawang dan Polres Jember.
 
"Tiket pesawat untuk memulangkan TKW bantuan dari warganet Humas Polres Singkawang. Warganet juga menitipkan uang sebesar Rp1 juta untuk perjalanan pulang," ungkapnya.
 
Raymond mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur janji, karena tidak semua yang dijanjikan tak sesuai harapan. Dia mengungkap Musbah sebelumnya dijanjikan penghasilan menggiurkan sehingga mau diajak bekerja di luar negeri.
 
"Namun sampai di sana dia tidak diperlakukan dengan baik karena selama bekerja tidak digaji oleh majikannya bahkan dipulangkan secara tidak manusiawi," jelasnya.
 
Musbah dipulangkan ke Jember hari ini, Jumat, 11 Oktober 2019, pukul 04.00 WIB melalui Bandara Pontianak. Polres Jember bakal menjemput korban di bandara di Jember.
 
Musbah mengaku selama bekerja di Malaysia tidak digaji. Sedangkan saat dikembalikan ke Indonesia, hanya dibekali Rp60 ribu.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif