Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) melakukan ramp check di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) melakukan ramp check di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir.

Menhub Periksa Kesiapan Pesawat Jelang Natal dan Tahun Baru

Nasional natal dan tahun baru
Hendrik Simorangkir • 11 Desember 2019 23:44
Tangerang: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pemeriksaan kelaikan atauramp checkpesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Pengecekan tersebut bertujuan untuk memeriksa berbagai kelayakan dan kelengkapan pesawat jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020.
 
"Ramp check sejauh ini tidak ada penemuan yang berarti. Hal ini harus kita pastikan, karena industri aviasi ini sangat rentan. Dan dalam pengecekan ini kita periksa khususnya kecepatan dan keseimbangan pesawat, mulai dari roda pesawat, mesin, kursi penumpang, hingga ke ruang kemudi atau cockpit," ujarnya di Gedung VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Budi menjelaskan dalam pengecekan yang bersifat random atau acak tersebut, sebanyak 50 dari 500 pesawat sudah dilakukan pemeriksaan di 32 titik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita targetkan hingga tanggal 20 Desember 2019 sudah ada 200 pesawat yang dicek. Meski pengecekan ini dilakukan acak, kita juga minta agar operator Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan self ramp check," katanya.
 
Menurut Budi hal itu memang harus dilakukan sesuai dengan Standa Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan otoritas bandara. Selain pengecekan pesawat, Budi meminta pengelola bandara untuk selalu melakukan pengecekan kepada angkutan darat seperti bus antar kota dan provinsi.
 
"Pengelola bandara juga harus lakukan kegiatan keamanan transportasi dengan baik, seperti pengecekan bus, karena dengan kegiatan masal ini, kita jangan sampai lalai, bisa fatal. Oleh karena itu kami ingatkan unfuk terus meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan," jelasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif