NEWSTICKER
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Ratusan Ternak di Palembang Mati Mendadak

Nasional hewan ternak
Gonti Hadi Wibowo • 07 Februari 2020 17:14
Palembang: Ratusan hewan ternak seperti ayam dan bebek mati mendadak akibat virus flu di jalan Iswahyudi, Lorong Siping, Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang. Kejadian matinya hewan ternak milik warga akibat flu burung sudah terjadi sejak Desember 2019.
 
Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Selatan, Jafrizal, mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat mengenai banyaknya hewan ternak yang mati mendadak. Setelah dilakukan pemeriksaan, kematian hewan itu ternyata positif akibat flu burung.
 
"Dari Desember 2019 lalu ada ratusan ayam di kawasan Plaju, Kota Palembang mati mendadak. Yang terbaru pada 2 Januari 2020 ratusan hewan ternak mati terjadi kembali di kawasan Kalidoni, Palembang," kata Jafrizal saat dikonfirmasi, Jumat, 7 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kejadian di Kalidoni ini, tercatat ada 500 ekor ayam yang berada di dalam satu kandang mati secara bertahap dalam beberapa hari. Bahkan warga yang beternak ayam di sekitar kandang tersebut juga mengalami kejadian yang sama.
 
"Di Kalidoni itu ada sekitar 500 ekor ayam dan beberapa bebek yang mati akibat flu burung," jelas Jafrizal.
 
Menurut Jafrizal kasus matinya hewan ternak akibat flu burung itu sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi saat ini dengan kondisi cuaca ekstrem membuat hewan ternah lebih rentan terserang penyakit.
 
Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan untuk mengatasi kasus flu burung yang marak terjadi saat ini.
 
"Kami mengimbau para peternak untuk lebih menjaga kebersihan rutin terhadap kandang ternak mereka untuk mencegah flu burung ini tidak menyerang hewan ternak mereka," pungkas Jafrizal.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif