Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

Program Tegas Diklaim Ampuh Atasi Stunting di Kabupaten Tangerang

Nasional stunting
Hendrik Simorangkir • 11 Februari 2020 14:35
Tangerang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, mengintensifkan program Tangerang Gemilang Cegah Stunting (Tegas) guna mengurangi kasus tengkes. Program yang digagas sejak 2019 itu diklaim ampuh menurunkan angka stunting.
 
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Ni Wayan Manik Kusmayoni, mengatakan, penurunan angka stunting tercatat dalam Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat secara elektronik (e-PPGBM).
 
"Data yang diambil (dari e-PPGBM) pada 2018 didapatkan jumlah balita stunting sebanyak 27,3 persen dan pada 2019 angkanya menurun hingga 13,4 persen," kata Manik, Selasa, 11 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Manik, dalam program Tegas, Pemkab Tangerang telah melakukan berbagai strategi menekan angka stunting. Seperti, sinergitas terpadu antarlembaga, terutama dari unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, dan media.
 
"Kami juga telah menggelar berbagai acara kesehatan yang dilakukan dari tingkat RW, kecamatan, hingga ke sekolah. Seperti kegiatan 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri di sekolah, hingga kegiatan kelompok pendukung ASI untuk mendampingi ibu menyusui agar dapat menyusui bayinya dengan ASI ekslusif," ungkapnya.
 
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menambahkan, percepatan menurunkan angka stunting juga dilakukan dengan memberikan fasilitas pembinaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut atas kebijakan dan pelaksanaan program-program dari pemerintah pusat. Termasuk pelibatan institusi nonpemerintah.
 
"Penanganan stunting juga perlu kita lakujan pendekatan kearifan lokal dan pemanfaatan makanan lokal. Serta sinergi berbagai lembaga di Kabupaten Tangerang," ungkapnya.
 
Zaki berharap komitmen program Tegas dapat menjadi kesungguhan seluruh sektor di wilayah Kabupaten Tangerang untuk dapat mencegah dan menanggulangi stunting.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif