NEWSTICKER
Kendaraan yang didominasi pemudik melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo Km 437, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019). ANTARA FOTO/Aji Styawan
Kendaraan yang didominasi pemudik melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo Km 437, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019). ANTARA FOTO/Aji Styawan

Pembangunan Tol Trans Jawa Ditarget Tuntas 2025

Nasional jalan tol
Amaluddin • 15 Februari 2020 17:48
Banyuwangi: Pembangunan jalan tol dari Probolinggo- Banyuwangi (Probowangi) terus dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Penetapan lokasi ruas tol yang merupakan titik akhir (seksi tiga), Jalan Tol Trans Jawa itu ditarget rampung pada tahun 2025.
 
"Surat Keputusan (SK) penetapan lokasi untuk wilayah Probolinggo dan Situbondo sudah diterbitkan. Untuk Banyuwangi, harapan kami satu bulan Februari ini sudah keluar, sehingga pembebasan lahannya bulan Maret sudah bisa dimulai," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Probolinggo-Banyuwangi (JPB), Dominicus Hari Pratama, saat dikonfirmasi, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Hari mengatakan seluruh warga terdampak jalan tol tersebut telah menyetujui dan sudah menandatangani berita acara persetujuan pembebasan lahan. Berita acara inilah yang menjadi dasar penerbitan SK penentuan lokasi (Penlok) oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah pembebasan lahan selesai, konstruksi akan segera kita mulai. Sehingga harapannya, pembangunan tol Probowangi bisa selesai sesuai target pada 2025 mendatang," jelas Hari.
 
Sekretaris BPJT, Abram Elsajaya Barus, menambahkan bahwa pekerjaan tol Probowangi terus dikerjakan. Pembayaran pembebasan lahan terhadap 800 masyarakat terdampak akan dilakukan dalam waktu dekat. "Mudah-mudahan pembebasan tanah segera selesai dan kita segera bangun," kata Abram.
 
Sementara Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menegaskan pemkab akan membantu semua proses pembangunan tol di Banyuwangi. Dengan harapan seluruh tahapannya bisa berjalan lancar dan selesai sesuai jadwal yang ditentukan. "Kami siap membantu dan mengawal prosesnya," kata Anas.
 
Ruas tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan titik akhir jaringan Jalan Tol Trans-Jawa. Ruas Tol Probowangi sendiri terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I di Wilayah Probolinggo (31,2 kilometer), Seksi II di Wilayah Situbondo (109 kilometer), dan Seksi III di Wilayah Banyuwangi (31,8 kilometer).
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif