Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: MI/Susanto)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: MI/Susanto)

Ganjar Minta Siswa Pelaku Perundungan Diberi Konseling

Nasional perundungan
Mustholih • 13 Februari 2020 15:14
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyoroti kasus perundungan terhadap siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Purworejo, yang videonya viral di media sosial. Ganjar menilai pelaku perundungan harus menjalani peradilan tertutup apabila kasus tersebut berjalan hingga ke Pengadilan.
 
"Karena pelakunya masih anak-anak di bawah umur. Sesuai Undang-undang Perlindungan Anak, proses peradilan untuk anak di bawah umur harus digelar secara tertutup," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Ganjar mengaku berencana mengevaluasi sistem pendidikan dengan para pemangku kepentingan di Jateng. Kalau perlu setiap sekolah di Jawa Tengah dipasang kamera pengawas (CCTV).
"Karena kasus seperti ini sudah terjadi berkali-kali, maka kita harus kerja serius. Mesti dilakukan sistem seperti apa. Kalau perlu dipasangi CCTV sehingga tidak terjadi bulying seperti ini,” jelas Ganjar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ganjar pelaku perundungan juga perlu mendapat bimbingan konseling dan psikologis. Tujuannya agar mereka tidak mengulangi perbuatan perundungan di sekolah. "Anak-anak itu perlu dikirim psikolog, dikirim guru konseling agar kita bisa tahu persoalannya apa. Lalu kita cegah supaya tidak terjadi bullying seperti ini," ungkap Ganjar.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif