Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)

Alasan Ridwan Kamil Menjadi Relawan Vaksin Covid-19

Nasional ridwan kamil Virus Korona vaksin covid-19
Roni Kurniawan • 25 Agustus 2020 17:13
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), menilai pemimpin memiliki peran meyakinkan masyarakat dalam kesuksesan uji klinis vaksin covid-19 fase ketiga asal Tiongkok. Hal itu yang mendorong Emil menjadi relawan, sebagai upaya dukungan penuh penelitian vaksin tersebut.
 
Emil menuturkan, banyak spekulasi yang beredar di masyarakat terkait penelitian vaksin covid-19 asal Tiongkok yang kini tengah uji klinis oleh tim Fakultas Kedokteran Unpad. Kehadiran Emil sebagai relawan diharapkan mampu menjawab keraguan masyarakat.
 
"Intinya harapan saya ke masyarkat tolong percaya tolong yakin bahwa ini proses yang paling baik dan insyaallah paling murah dibandingkan proses lain. Karena akan diproduksi oleh industri yang ada di Jabar sendiri," kata Emil di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa, 25 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Ridwan Kamil Menjalani Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
 
Emil mengaku, mendapatkan pemahanan terkait uji klinis saat kunjungan pertama sebagai relawan. Sehingga, lanjut Emil, masyarakat yang akan menjadi relawan mendapatkan informasi akurat seputar vaksin.
 
"Semuanya ada penjelasan dari Profesor Kusnandi beliau sebagai pakar yang sudah lebih dari 30-an dalam mengetes vaksin," sahutnya.
 
Emil meminta masyarakat tak meragukan keahlian tim peneliti dari FK Unpad. Emil meminta masyarakat turut mendukung dan menjadi relawan uji klinis tersebut.
 
"Sudah ada aprove dari WHO yang menyatakan standar deklarasi helsinki sebagai salah satu tata cara yang sangat ketat dalam vaksin juga sudah dilakukan," tuturnya.
 
Emil pun sepakat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar turut andil menjadi relawan dalam uji klinis, sebagai contoh bagi masyarakat. Emil melakukan kunjungan pertama sebagai relawan bersama dengan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, dan Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa
 
"Kami sepakat kalau di Jabar kami harus kompak, kami ingin menunjukan bahwa menanganinya pandemi ini butuh kebersamaan," tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif