Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menunda sementara aktivitas pelayaran antar-pulau di Maluku Utara dan berbagai daerah lainnya, menyusul cuaca ekstrim dalam dua hari terakhir (Abdul Fatah)
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menunda sementara aktivitas pelayaran antar-pulau di Maluku Utara dan berbagai daerah lainnya, menyusul cuaca ekstrim dalam dua hari terakhir (Abdul Fatah)

Cuaca Buruk, Aktivitas Pelayaran di Kota Ternate Ditutup

Antara • 22 Februari 2022 16:47
Ternate: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menunda sementara aktivitas pelayaran antar-pulau di Maluku Utara dan berbagai daerah lainnya. Hal ini menyusul cuaca ekstrem dalam dua hari terakhir.
 
"Kami telah sampaikan pemberitahuan bernomor UM.0031 5 14 IKSOP TTE-2022 dan ditujukan pada pimpinan perusahaan pelayaran/non pelayaran, nakhoda kapal, pemilik kapal-kapal lokal/kapal ferry/kapal rakyat, para Danpos KSOP Kelas II Ternate dan semua masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut, jika aktivitas pelayaran sementara ditutup karena cuaca buruk," kata Plh KSOP Kelas II Ternate, Safruddin di Ternate, Selasa, 22 Februari 2022.
 
Menurut dia, kapal yang ditunda keberangkatannya di antaranya, kapal penumpang lokal/ferry, perintis, Landing Craft Tank (LCT), SPOB, dan kapal-kapal rakyat terutama rute tujuan Morotai, Sanana, Manado, Bitung, Batang Dua seperti Mayau dan Tifure.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Seorang Pemuda di Jeneponto Hilang Terseret Arus Sungai
 
Berdasarkan laporan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate terkait potensi angin kencang berkisar 50 kilometer per jam di wilayah Maluku Utara yang berdampak pada pohon tumbang dan gelombang tinggi di wilayah perairan hingga ke pesisir.
 
Bahkan, berpotensi terjadi gelombang tinggi signifikan mencapai sekitar 2.5 meter di seluruh wilayah perairan Malut. Penundaan itu menindaklanjuti prakirawan BMKG Kelas I Sultan Babullah Ternate yang dikeluarkan sejak 21 Februari 2022 perihal Peringatan Dini Gelombang Tinggi (Early Warning) yang berlaku sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.
 
Tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Perairan Ternate- Morotai, Ternate Sanana, Ternate-Manado, Ternate-Bitung, Ternate-Batang Dua dengan kecepatan angin 3-20 knots dari arah Barat ke Timur.
 

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif