Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Adriwilza, saat melihat kondisi rumah korban gempa di Kecamatan Talamau yang rusak. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi
Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Adriwilza, saat melihat kondisi rumah korban gempa di Kecamatan Talamau yang rusak. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Pemkab Pasaman Barat Diminta Ambil Langkah Jelas Bantu Korban Gempa

Antara • 16 April 2022 14:53
Simpang Empat: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Adriwilza, meminta pemerintah setempat segera mengambil langkah yang jelas dalam membantu korban gempa.
 
"Hingga saat ini masih banyak yang bertahan di tenda darurat. Penanggulangannya masih belum jelas dan terarah. Final data kerusakanpun belum siap," kata Adriwilza di Simpang Empat, Sabtu, 16 April 2022.
 
Baca: Pemprov Sulteng Percepat Penyelesaikan Dampak Gempa Pasigala

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya selama ini Pemkab Pasaman Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ketika ditanyakan selalu mengatakan data belum final. Menurut Adriwilza data kerusakan itu perlu disinkronkan agar jelas dan perlu dituntaskan persoalan hunian sementara yang sangat dibutuhkan masyarakat korban. gempa.
 
Ia prihatin saat ini korban gempa masih bermalam di tenda-tenda darurat dekat rumah mereka yang rusak.
 
"Memang ada hunian sementara yang telah berdiri dari organisasi kemanusiaan, relawan, instansi vertikal, partai politik dan lainnya namun belum seberapa dari jumlah korban yang ada," jelasnya.
 
Dari keterangan Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Azhar katanya pihaknya memprioritaskan membangun hunian sementara untuk rusak berat dengan standar ukuran 3,6 x 4,8 meter atau Rp6,9 juta per unit.
 
"Sampai saat ini belum ada dibangun. Jika prioritas rusak berat belum tuntas bagaimana dengan rusak sedang dan ringan," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif