Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Puluhan Warga Cianjur Terjangkit DBD

Nasional demam berdarah
Antara • 23 Oktober 2019 16:44
Cianjur: Puluhan warga di tiga desa di Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, Jawa Barat, terpaksa dirawat di RSUD Cianjur karena diduga terjangkit demam berdarah dengue (DBD), bahkan satu orang diantaranya meninggal. Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Tresna Gumilar mengatakan pihaknya mencatat 44 warga dari tiga desa tersebut telah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Cianjur.
 
"Temuan kasus DBD tersebut pertama kali diketahui 8 September, setelah seorang pegawai Puskesmas Cikondang, Kecamatan Bojongpicung, menerima informasi seorang warga Nursyifa, 26, asal Desa Sukajaya, dirawat karena positif DBD," kata Tresna di Cianjur, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Tresna menjelaskan satu pekan setelahnya, kembali masuk laporan terkait warga yang positif DBD di desa yang sama dan dua hari sekali ada warga yang positif DBD dibawa ke puskesmas selanjutnya dirujuk ke rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tiga hari yang lalu tercatat ada 10 warga yang harus dirawat karena diduga DBD mereka warga Desa Sukajaya, Desa Cikondang dan Desa Sukarama, Kecamatan Bojongpicung," jelas Tresna.
 
Tresna kembali mengatakan warga di Desa Sukajaya dilaporkan paling banyak terkena DBD dan Dinskes mencatat ada 12 warga di Kecamatan Bojongpicung yang suspect DBD, sehingga diberikan penanganan intensif untuk memastikan apakah memang DBD atau mengidap penyakit lain.
 
Sedangkan korban yang meninggal dipastikan positif DBD karena korban Iis Aisyah, 42, warga Kampung Babakan Astana, Desa Sukajaya, sempat mengeluh pusing, nyeri perut, demam dan muntah-mutah.
 
Pihak keluarga membawa korban ke Puskesmas untuk diperiksa dan akhirnya diberi sejumlah obat, hingga dirujuk ke RSUD Cianjur, namun nyawa korban tidak tertolong hingga akhirnya meninggal.
 
"Korban dinyatakan meninggal dunia dan jenazah diantarkan ke rumah duka untuk dimakamkan. Dinkes langsung melakukan pengecekan ke lapangan dan mengimbau warga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta melakukan 3 M," pungkas Tresna.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif