Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Masyarakat Kepri Diimbau Waspada Potensi Puting Beliung

Nasional angin puting beliung cuaca ekstrem
Antara • 26 September 2019 12:50
Batam: Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kepulauan Riau untuk mewaspadai terjadinya puting beliung yang sering terjadi pada masa peralihan cuaca.
 
"Dimohon waspada terhadap potensi puting beliung yang bisa menyebabkan hujan lebat, angin kencang, petir dan gelombang tinggi. Apabila terjadi di laut disebut waterspout," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam Suratman, Kamis, 26 September 2019.
 
Nadim menjelaskan puting beliung berupa angin kencang yang tiba-tiba bergerak melingkar dengan kecepatan 30 hingga 40 knots. Puting beliung terjadi dalam waktu singkat, antara 3-5 menit, dengan daerah terdampak bisa mencapai 10 Kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Puting beliung bisa terjadi di mana saja, diawali terbentuknya awan cumulonimbus terutama pada masa transisi panas ke hujan atau sebaliknya," jelas Nadim.
 
Bila terjadi puting beliung, masyarakat diminta menjauh dari lokasi kejadian, mencari tempat aman dan hindari tempat terbuka. Menurut Nadim petir akan menyambar objek tertinggi dan akan menjadi konduktor arus listrik kuat untuk dinetralkan ke bumi.
 
Sementara itu, hujan yang terjadi di Kepri selama dua hari terakhir ini berhasil mengguyur kebakaran lahan dan hutan, hingga titik api menjadi nihil.
 
"Setelah diguyur hujan dalam dua hari terakhir, wilayah Kepri terpantau zero hotspot," beber Nadim.
 
Jarak pandang di wilayah Kepri juga membaik seiring makin berkurangnya kabut asap. Nadim merinci jarak pandang di Bandara Hang Nadim Batam mencapai 6 Km, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang sepanjang 9 Km dan jarak panjang di Natuna mencapai di atas 10 Km.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif