Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Kursi Wabup Kulon Progo Jadi Rebutan

Nasional pemerintah daerah
Ahmad Mustaqim • 04 November 2019 18:47
Kulon Progo: Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo akan dilantik menjadi bupati pada Kamis, 7 November 2019. Ia akan menggantikan Hasto Wardoyo yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Proses pelantikan akan dilakukan di Kompleks Kepatihan, Kanor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati menjelaskan proses berikutnya akan memasuki pengisian posisi calon wakil bupati (cawabup). Pihaknya menunggu surat keputusan (SK) permintaan pengisian cawabup dari Sutedjo usai dilantik menjadi bupati.
 
Dari dasar SK itu kemudian DPRD akan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan kekosongan kursi wakil bupati. “Rapur (rapat paripurna) rencananya Senin, 11 November,” kata Akhid di Kulon Progo pada Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, PDI Perjuangan akan menjadi salah satu pihak yang berpeluang mengajukan kadernya mengisi kursi wakil bupati. Pasalnya, PDI Perjuangan merupakan partai pengusung Hasto-Sutedjo dalam pemilihan kepala daerah 2017 lalu.
 
Di sisi lain, Akhid juga merupakan pengurus di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulon Progo. Ia menjabat sebagai bendahara.
 
Menurut Akhid, internal PDI Perjuangan telah menggelar rapat pada Minggu, 3 November 2019. Hasto Wardoyo, kata Akhid, juga hadir dalam rapat itu. “Kita (PDI Perjuangan) siap untuk melaksanakan tahapan pengisian kursi wabup (wakil bupati),” kata dia.
 
Akhid mengatakan partainya akan membuka pendaftaran usai DPRD menggelar rapat paripurna awal pekan depan. Pihak pengurus PDI Perjuangan memberikan peluang kader yang memenuhi persysratan untuk mendaftar.
 
"Harapan saya, partai pengusung non PDI Perjuangan memahami penuh bahwa kekosongan ini adalah haknya partai," ucapnya.
 
Selain PDI Perjuangan, pasangan Hasto-Sutedjo diusung oleh koalisi yang dihuni lima partai lain. Lima partai ini yakni Golkar, PKS, NasDem, Hanura, dan PAN.
 
Sutedjo merupakan kader PAN. PAN sendiri menyatakan ingin mencalonkan kadernya untuk mengisi posisi wabup Kulon Progo.
 
"Kalau memang di antara partai pengusung itu tidak ada yang mencalonkan, PAN siap mencalonkan kader. Tapi kalau peluang itu sangat padat (ada partai lain yang mengusulkan), kita menghargai dan menghormati teman koalisi," kata Ketua DPD PAN Kulon Progo, Ponimin Budi Hartono.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif