PT Angkasa Pura II (Persero) merekrut pekerja penyandang disabilitas untuk bekerja di bekerja di Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Rabu, 5 September 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
PT Angkasa Pura II (Persero) merekrut pekerja penyandang disabilitas untuk bekerja di bekerja di Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Rabu, 5 September 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Angkasa Pura II Rekrut Pekerja Penyandang Disabilitas

Nasional tenaga kerja
Hendrik Simorangkir • 05 September 2019 10:41
Tangerang: PT Angkasa Pura II (Persero) merekrut pekerja penyandang disabilitas sebagai penerapan undang-undang tentang ketenagakerjaan dengan penempatan kerja sesuai kemampuan dan kondisi. AP II akan menerima sebanyak lima orang untuk bekerja di Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.
 
SVP of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II Deni Krisnowibowo mengatakan untuk permulaan terdapat lima calon pegawai penyandang disabilitas yang akan mulai bekerja. Untuk membuat para pekerja disabilitas nyaman, fasilitas di kantor Angkasa Pura II dan Bandara Soekarno Hatta tengah ditinjau kembali.
 
"Start mungkin lima orang dulu dari informasi awalnya ya, karena kita musti melakukan komunikasi dengan komunitas disabilitas, kira-kira fasilitas apa saja yang kita perlukan agar mereka bisa ikut memberikan pelayanan pada penumpang kita," kata Deni di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Rabu, 4 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Catur Sigit Nugroho, 37, calon pegawai penyandang disabilitas mengapresiasi kesempatan baik tersebut. Keterbatasan pada kakinya membuat dirinya tidak bisa berjalan. Namun, ia tidak hilang semangat untuk bekerja.
 
"Saya sangat mengapresiasi PT Angkasa Pura II yang merekrut pegawai disabilitas, karena selama ini disabilitas belum bisa masuk ke sektor transportasi. Kebetulan, Angkasa Pura II meminta kami membantu pemetaan, maping, dari karyawan disabilitas," kata Catur.
 
Catur saat ini bekerja di bagian Administrasi Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan. Catur menuturkan, setelah memantau fasilitas yang berada di kantor Angkasa Pura II dan Bandara Soekarno Hatta, fasilitas bagi pegawai yang menyandang disabilitas pun sudah dianggap layak.
 
"Kalau di Angkasa Pura II ini sebagian besar sudah bagus, tapi ada beberapa hal perlu ditingkatkan. Dari tempat kendaraan sampai ruang kerja itu harus ada akses, saya pengguna kursi roda harus benar-benar bisa dilewati kursi roda, toilet juga harus difasilitasi," jelas Catur.
 
Untuk posisi pekerjaannya di Angkasa Pura, Catur menuturkan, terdapat dua posisi yang sedang dipertimbangkan untuk penyandang disabilitas yaitu frontliner dan customer service.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif