Kota Malang menerima Penghargaan Natamukti dari International Council For Smart Bussines (ICSB), Senin 7 Oktober 2019. (Foto: Dok. Pemkot Malang)
Kota Malang menerima Penghargaan Natamukti dari International Council For Smart Bussines (ICSB), Senin 7 Oktober 2019. (Foto: Dok. Pemkot Malang)

Walkot Malang Ingin UMKM Mendunia

Nasional penghargaan pemerintah daerah
Daviq Umar Al Faruq • 07 Oktober 2019 15:03
Malang: Wali Kota Malang Sutiaji inginUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendunia. Caranya,meningkatkan kualitas serta membangun ekosistem UMKM Kota Malang.
 
Sutiaji menyebut pihaknya serius menjalankan program UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
“UMKM naik kelas dari yang dulu mikro naik menjadi kecil, yang kecil naik menjadi menengah. Semua ini butuh program strategis," kata Sutiaji, Senin 7 Oktpber 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutiaji mengaku sudah menjalankan beragam upaya untuk mendongkrak UMKM. Seperti memberi pelatihan, membentuk klinik konsultasi, serta memfasilitasi pembiayaan.
 
“Tujuannya agar UMKM memiliki daya saing serta mampu melakukan manajemen produksi dan keuangan dengan baik," imbuhnya.
 
Menurutnya, perlu pemasaran yang baik agar produk UMKM tidak kalah dengan daerah lain. “Target kami pemasaran UMKM tidak hanya tembus Pasar Kota Malang, tapi regional, bahkan hingga pasar dunia,” ujarnya.
 
Sutiaji menyebut sedang menyiapkan mal UMKM sebagai sarana display produk hasil UMKM. Kualitas kontrol serta kemasan produk juga dijaga.
 
“Pemkot Malang dibantu akademisi dan teman-teman kreatif berupaya agar UMKM bisa tumbuh dan berkembang serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya.
 
Pemkot Malang akan bekerjasama dengan pengelola toko modern agar produk UMKM bisa dipasarkan di gerai baik yang ada di Kota Malang maupun di luar daerah.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif