Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)

Kota Bandung Rancang Perda Khusus Disabilitas

Nasional penyandang disabilitas
Roni Kurniawan • 08 Desember 2019 13:08
Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, rampung merumuskan Peraturan Daerah (Perda) tentang disabilitas. Penerapan Perda menunggu pengesahan DPRD Kota Bandung.
 
"Alhamdulillah informasi dari (anggota pansus) Siti Nurjanah, (perda) sudah selesai. Mudah-mudahan dalam waktu dekat atau kalau bisa tahun ini bisa ketok palu," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Minggu, 8 Desember 2019.
 
Oded menuturkan perda akan menjadi dasar bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk lebih memberikan perlindungan terhadap penyandang disabilitas. Sebab para difabel juga memiliki hak yang sama sebagai warga Kota Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita punya kewajiban dan tanggung jawab moral memberikan program yang berpihak kepada mereka. Saya berharap regulasi ini sebagai referensi buat untuk membuat program bagi disabilitas,” ungkapnya.
 
Oded juga terus mendorong lembaga pemerintahan maupun swasta tak mendiskriminasi difabel. Penyandang disabilitas berhak diberi kesempatan untuk berkarya.
 
“Kita ingin mengupayakan mereka diberi kesempatan meningkatkan derajatnya. Jika mereka punya kemampuan kita harus merespons positif,” jelas dia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono, mengatakan, dalam Perda khusus disabilitas akan mengakomodasi segala hal berkenaan dengan kepentingan kaum difabel.
 
“Nanti Kota Bandung akan mempunyai perda cukup lengkap mengatur berbagai aspek kehidupan, pendidikan, kesehatan, sosial, sarana prasarana, tenaga kerja, kesehatan. Termasuk olahraga dan semua aspek dari berbagai bidang. Insyaallah dalam waktu dekat diundangkan,” pungkas Tono.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif