Seorang petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Kupang sedang melakukan pemeriksaan ternak. Antara/Benny Jahang
Seorang petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Kupang sedang melakukan pemeriksaan ternak. Antara/Benny Jahang

Pemkab Kupang Perketat Pengawasan Ternak Cegah Penularan PMK

Nasional Peternakan Hewan Ternak sapi NTT
Antara • 15 Mei 2022 14:49
Kupang: Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur,  memperketat pengawasan pada pintu-pintu masuk dan keluar. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.
 
"Pemerintah Kabupaten Kupang tentu melakukan upaya antisipasi , karena penularan penyakit mulut dan kuku yang dialami ternak sangat cepat," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Alexander Oktovianus Matte, saat dihubungi di Kupang, Minggu, 15 Mei 2022.
 
Baca: Pemkab Tangerang Bentuk Satgas Pengendalian PMK pada Ternak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan Dinas Peternakan segera mengumpulkan semua petugas baik dokter hewan, penyuluh dan tenaga medis peternakan untuk membahas upaya antisipasi penularan penyakit PMK di kabupaten Kupang sekaligus melakukan pemantauan semua pergerakan ternak di semua wilayah.
 
Menurut dia upaya antisipasi dilakukan cepat mungkin karena Kabupaten Kupang merupakan kabupaten lumbung ternak di provinsi NTT.
 
Ia mengatakan segera membentuk satgas penanggulangan penularan penyakit mulut kuku (PMK) pada ternak sehingga bisa mendeteksi secara dini apabila diketahui ada ternak baik sapi, kerbau yang menderita PMK.
 
Menurutnya saat ini belum ditemukan a kasus ternak yang menderita PMK sehingga antisipasi pengawasan pada pintu-pintu masuk menjadi lebih diperketat.
 
"Pengawasan pasti menjadi lebih ketat karena Kabupaten Kupang masih gencar melakukan inseminasi buatan yang hasilnya sangat menggembirakan, sehingga apabila terjadi penularan maka bisa berdampak luas bagi usaha peternakan di daerah ini," ungkap Oktovianus Matte.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif