ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Polres Aceh Barat Bentuk Tim Khusus Selidiki Kasus Pelecehan Seksual

Antara • 26 Mei 2022 06:32
Aceh Barat: Polres Aceh Barat membentuk tim terpadu guna menyelidiki dugaan tindak pidana kasus pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh.
 
“Pembentukan tim terpadu ini sebagai upaya untuk mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi di Kampus UTU Meulaboh,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso di Meulaboh, Rabu, 26 Mei 2022.
 
Tim terpadu tersebut terdiri dari personel Polres Aceh Barat, petugas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Aceh Barat, ulama, dan tokoh adat. Tim juga melibatkan mahasiswa Universitas Teuku Umar, serta kalangan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapolres Pandji Santoso mengatakan dengan adanya pembentukan tim terpadu tersebut, nantinya akan terbentuk pola yang lebih terarah yang akan disepakati oleh semua unsur tersebut. Tim guna mengungkap fakta dalam persoalan ini.
 
Baca: Residivis Pelecehan Seksual di Banda Aceh Perkosa Anak di Bawah Umur
 
Dalam pelaksanaan tugasnya, tim tersebut akan menyampaikan temuan atau fakta apa pun guna diteruskan kepada tim terpadu agar dilakukan pembahasan secara bersama-sama. Ia mengakui persoalan dugaan pelecehan seksual di Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat, merupakan kasus yang sangat sensitif dan menyita perhatian publik.
 
Menurut dia, kasus yang berhubungan dengan anak dan perempuan sangat sensitif sehingga harus dilakukan secara hati-hati, dengan mengedepankan azas praduga tidak bersalah. Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Jasman J Ma’ruf mengatakan pihaknya menyambut baik langkah Kapolres Aceh Barat yang berinisiatif membentuk tim terpadu. 
 
“Senang saya dengan terbentuknya tim terpadu ini,” kata Ma'ruf.
 
Ia berharap adanya tim tersebut, nantinya penyelesaian persoalan tidak berlarut-larut sehingga tidak dikemas menjadi isu negatif bagi Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh. Guna mengungkap kasus yang saat ini menjadi sorotan publik di Aceh Barat, pihaknya telah membentuk tim ad hoc.
 
“Jika nantinya benar adanya kasus ini, maka pelaku akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Ma’ruf.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif