Pemulung di Kulon Progo mencuri demi tebus obat istri. Dokumentasi/ istimewa
Pemulung di Kulon Progo mencuri demi tebus obat istri. Dokumentasi/ istimewa

Pemulung di Kulon Progo Mencuri Demi Membeli Obat Istri

Ahmad Mustaqim • 24 Juni 2022 19:45
Yogyakarta: Kepolisian di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menangkap pencuri gilingan padi yang dijual kiloan. Mirisnya mencuri itu terpaksa dilakukan dengan alasan untuk pengobatan istri.
 
Kepala Seksi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan pencuri yang ditangkap itu berinisial AK. Lelaki berusia 40 tahun itu mencuri mesin penggiling daging di Desa Triharjo, Kecamatan Wates.
 
"Tindakan pelaku ini terekan CCTV dan akhirnya ditangkap saat sedang beraktivitas di luar menggunakan sepeda motor di (wilayah Kecamatan) Wates," kata Jeffry di Kulon Progo, Jumat, 24 Juni 2022.
 
Baca: Duet Pasutri Spesialis Perampas Ponsel di Semarang Dibekuk

Jeffry mengatakan AK terpaksa mencuri dengan alasan demi pengobatan istrinya yang belum lama selesai menjalani operasi. Alat penggiling daging itu dijual ke pengepul dengan harga per kilogramnya Rp100 ribu. Padahal alat tersebut harganya sekitar Rp3 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uang penjualan alat curian itu dipakai untuk menebus obat istrinya. Istrinya habis operasi batu ginjal. Operasinya ditanggung BPJS tetapi obatnya mandiri," jelasnya.
 
Dari hasil penangkapan AK itu polisi menyita rekaman gambar karema pengawas, sepeda motor pelaku, dan pakaian serta peralatan yang dipakai pelaku. AK kini ditahan di kantor kepolisian.
 
Kepada polisi, AK mengaku sehari-hari bekerja sebagai pencari barang bekas atau mencari rongsokan. AK mengatakan mengambil alat penggiling daging di sebuah ruko karena dikira tidak dipakai.
 
"Saya kira (alat penggiling daging) itu tidak terpakai, kemudian saya ambil," ungkapnya.
 
Sebelum kasus ini, AK pernah menjadi terpidana kasus penganiayaan yakni menganiaya mantan suami dari istrinya pada 2019. Saat ini polisi menjerat AK dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif