Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Klaster Industri dan 2 Desa, Penyebab Kasus Covid-19 di Purwakarta Naik

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 15 Juni 2021 07:29
Purwakarta: Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan kasus covid-19 dua minggu pascalebaran. Penyebabnya dari dua desa dan klaster industri.
 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan wilayah Kabupaten Purwakarta masih termasuk ke dalam zona oranye atau risiko sedang penyebaran covid-19. Namun, penambahan angka yang terkonfirmasi positif sangat signifikan. 
 
"Berdasarkan zonasi covid-19 Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Pasawahan memiliki dua desa yang termasuk ke dalam zona merah yakni Desa Lebakanyar dan Margasari," terang Anne, Senin, 14 Juni 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut dia, Kecamatan Babakan Cikao juga terdapat desa yang memiliki zona orange yaitu Desa Cicadas.
 
Selain itu, Anne menyebut dalam dua pekan terakhir ini, klaster perusahaan yang menempati angka paling tinggi, di antaranya PT. South Pasific Viscose, PT. Indo Bharat, dan PT. Hino. 
 
"Ini menunjukkan lonjakan yang luar biasa, terutama di klaster industri. Karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang komprehensif oleh semua pihak dan dalam jangka waktu panjang," lanjut dia. 
 
Baca: Pemerintah DIY Pertimbangkan Larang Hajatan
 
Anne menambahkan, terjadi penambahan angka terkonfirmasi positif cukup banyak, sehingga totalnya sebesar 684 orang pada Senin, 14 Juni 2021. 
 
Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengantisipasi menghadapi lonjakan kasus konfirmasi covid-19 dengan sejumlah kebijakan. Di antaranya penutupan sementara destinasi wisata hingga 20 Juni 2021 dan pembatasan jam operasional dan kapasitas meja kursi makan di rumah makan, restoran, kafe, dan pertokoan, 
 
Kemudian, penutupan sementara fasilitas permainan anak di beberapa lokasi, penundaan perizinan acara resepsi pernikahan, hiburan atau event dan pertemuan besar, penundaan simulasi dan uji coba pembelajaran tatap muka, serta optimalisasi Bale Panggeuing (PPKM Mikro di RT/RW/Desa/Kelurahan dan posko PPKM Kecamatan.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif