Ilustrasi pengunjung di pusat perbelanjaan saat PPKM level 1 - - Foto: MI/ Fransisco
Ilustrasi pengunjung di pusat perbelanjaan saat PPKM level 1 - - Foto: MI/ Fransisco

Warga Solo Diminta Hentikan Kegiatan Malam Jelang Nataru

Nasional natal dan tahun baru pandemi covid-19 protokol kesehatan PPKM level 3 Omicron
Triawati Prihatsari • 29 November 2021 19:20
Solo: Pemkot Solo menyerukan pada warganya untuk bersiap menghadapi PPKM level 3 mulai 24 Desember 2021. Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, mengatakan pada waktu yang bersamaan akan diterapkan sistem lockdown mulai pukul 21.00 WIB.
 
"Kita tekankan lagi lockdown. Jadi warga tidak boleh lagi beraktivitas di luar rumah mulai pukul 21.00 WIB. Pengusaha kuliner dan lainnya juga harus tutup pada jam itu," kata Arif di Solo, Jawa Tengah, Senin, 29 November 2021.
 
Baca: Antisipasi Omicron, Pemprov Jatim Periksa Mendalam Seluruh Pasien Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan untuk melancarkan rencana tersebut, Satpol PP Solo akan menerjunkan petugas ke lapangan memantau aktivitas warga. Jika ditemui warga berkegiatan di luar rumah pada malam hari, akan langsung diminta pulang.
 
Selain itu warung makan atau restoran juga akan diminta tutup jika masih diketahui buka pada jam tersebut. Dia mengakui, Pemkot Solo masih belum akan menerapkan sanksi denda dan sanksi sosial pada warga yang terbukti melanggar.
 
"Warga saat ini memah lebih banyak yang abai terhadap prokes. Tapi bukan menolak. Makanya kita tidak akan menyanksi dulu, kita peringatkan. Karena kita sekarang menilai warga memahami kita masih dalam kondisi pandemi. Hanya saja mereka memang abai," jelasnya.
 
Selain itu Arif mengatakan mulai melakukan sosialisasi pada stakeholder terkait tentang rencana penerapan PPKM level 3 akhir tahun 2021 ini. Termasuk untuk para pelaku usaha rekreasi dan hiburan umum (URHU) yang harus tutup pada periode 24 Desember hingga 2 Januari 2022.
 
"Kita sosialisasikan OPD-OPD terkait untuk itu. Mulai dari Disdag, Disparta dan lainnya. Kita sosialisasikan agar penerapan prokes levih disiplin, Jogo Tonggo dikuatkan lagi, pariwisata, toko modern ancang-ancang (bersiap) juga," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif