Mensos Lepas Ratusan Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan

Gervin Nathaniel Purba 29 Oktober 2018 19:23 WIB
Berita Kemensos
Mensos Lepas Ratusan Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita melepas peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan dan Bakti Sosial Jelajah Kapal Kepahlawanan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Pelindo IV, Makassar, Senin, 29 Oktober 2018 (Foto:Dok)
Makassar: Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita melepas peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan dan Bakti Sosial Jelajah Kapal Kepahlawanan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Pelindo IV, Makassar, Senin, 29 Oktober 2018. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2018 yang dilaksanakan pada 29-31 Oktober. Para peserta akan mendapatkan pembekelan materi kepahlawanan di dalam kapal KRI Makassar 590 selama tiga hari dengan rute jelajah Makassar-Pangkep-Makassar.

Peserta kegiatan sebanyak 400 orang yang terdiri atas berbagai unsur generasi muda milenial, seperti pelajar, mahasiswa, pramuka, santri, panti sosial, pilar-pilar Sosial (Tagana, PSM, TKSK), organisasi kepemudaan dan pemenang olimpiade pahlawan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.


Mensos Agus menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana mempertebal rasa nasionalisme di kalangan generasi muda. 

"Potensi adik-adik sekalian sebagai pemersatu bangsa. Adik-adik sekalian adalah aset yang sangat berharga, karena kalian yang akan meneruskan estafet kepemimpinan dan pembangunan bangsa yang sama-sama kita cintai ini," ujar Agus.



Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan sikap saling menghormati antar sesama generasi muda. Sikap tersebut merupakan kunci dasar untuk menjaga kedaualatan negara.

Mensos Agus juga mengimbau seluruh peserta untuk lebih disiplin setelah mengikuti kegiatan ini. "Setelah lepas dari kegiatan ini, ada beberapa hal yang ingin kita lihat. Adik-adik harus bisa hidup disiplin, menjadi pribadi yang tangguh, menambah pengalaman dan wawasan, serta belajar saling menghargai, menghormati, dan bahu-membahu," katanya.



Dengan meningkatnya rasa disiplin dan rasa cinta kepada bangsa dan negara, para peserta diharapkan mampu menjauhkan diri dari narkoba dan sikap menyebarkan fitnah. Mensos Agus mengimbau kepada peserta untuk meningkatkan kreativitas dalam memajukan bangsa dan negara.

Diharapkan peran positif pemuda  dapat meneruskan cita-cita para pahlawan bangsa. "Kegiatan ini dalam memperingati Hari Pahlawan. Kita semua harus memahami semangat dan nilai pahlawan," kata Mensos Agus.



"Camkan di dada dan pikiran kalian, kalian harus melanjutkan cita-cita pahlawan bangsa, dan pada saatnya kalian bisa menjadi pahlawan bangsa," kata Mensos menambahkan.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum Panitia Pusat Hari Pahlawan 2018 Agustanzil Sjahroezah mengatakan, sasaran kegiatan ini ialah agar para peserta memahami semangat nilai-nilai kepahlawanan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, menambahkan wawasan para peserta di bidang maritim.



"Menjaga martabat bangsa dan negara, serta memperkokoh geneasi muda agar tak terjerumus hal-hal yang merugikan negara," ujarnya.

Sebelum menaiki kapal, peserta melakukan registrasi di Fort Rotterdam pukul 09.00 WITA. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok akan didampingi oleh pemandu untuk melaksanakan kegiatan wisata sejarah Fort Rotterdam.

Bentuk kegiatan di kapal selama tiga hari yakni ice breaking, penyampaian materi kepahlawanan, diskusi/tanya jawab, dinamika kelompok, games, pengenalan kapal. Kemudian, pelaksanaan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Pangkep, pada Selasa, 30 Oktober.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id