ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Wali Kota Semarang Beri Sedikit Kelonggaran Pembatasan Sosial

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Mustholih • 24 Januari 2021 20:20
Semarang: Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memutuskan mengambil sedikit pelonggaran dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi covid-19.
 
Hendrar menegaskan Kota Semarang tetap memperpanjang pembatasan sosial hingga 8 Februari 2021 mengikuti ketentuan PPKM se-Jawa dan Bali.
 
"Saya mohon dukungan dari masyarakat, agar aktivitas di Kota Semarang bisa berangsur normal kembali. Tolong saling mengingatkan, jangan sampai karena ada sebagian yang tidak memiliki kesadaran, lalu imbasnya menjadi luas," kata Hendrar, Minggu, 24 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 4.142 Tenaga Kesehatan di Sumut Sudah Divaksin
 
Dia menjelaskan keputusan memperpanjang PPKM berlaku sejak hari ini. Dia berujar pada PPKM jilid II ini aktivitas ekonomi masyarakat sedikit mendapat kelonggaran. "Pertama, untuk pusat perbelanjaan semula dapat beraktivitas sampai pukul 19.00 WIB, saat ini bisa sampai pukul 20.00  WIB," jelas Hendrar.
 
Dalam bisnis kuliner, pedagang kali lima, pengusaha kafe, restoran, dan lain-lain boleh menjalankan usaha hingga pukul 22.00 WIB.
 
Hendrar mengatakan pada PPKM jilid pertama, Kota Semarang berhasil mengendalikan laju penyebaran virus korona. Positif covid-19 di Kota Semarang tembus ke angka seribu kasus pada awal-awal penerapan PPKM.
 
"Namun per hari ini, angka kasusnya turun menjadi 802 kasus," ungkap Hendrar.
 
Meski melonggarkan pembatasan sosial, Hendrar Prihadi menyerukan kepada warga Kota Semarang tetap mentaati protokol kesehatan. Masyarakat harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun saat beraktivitas di luar. "Kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan masih menjadi kunci utama menekan kasus covid-19," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif